comscore

Krisis Pangan Dunia Peluang Baru bagi Indonesia

Despian Nurhidayat - 13 Juni 2022 07:01 WIB
Krisis Pangan Dunia Peluang Baru bagi Indonesia
Ilustrasi krisis pangan dunia - - Foto: dok AFP
Jakarta: Guru Besar Universitas IPB Hermanto Siregar menilai krisis pangan global merupakan suatu tantangan sekaligus menjadi peluang baru bagi Indonesia.
 
"Apabila Indonesia dapat meningkatkan produksi berbagai komoditas pangan secara signifikan dan mengelola logistiknya dengan baik, krisis atau tantangan tersebut bagi kita menjadi peluang atau kesempatan," ungkapnya kepada Media Indonesia, Senin, 13 Juni 2022.
 
Hermanto menambahkan bahwa peluang ini dapat tercipta karena di saat krisis, harga pangan menjadi tinggi dan pasokan pangan bisa dipastikan akan habis diserap oleh negara-negara importir.
 
Kondisi ini pada gilirannya dapat meningkatkan PDB (Produk Domestik Bruto) pertanian dan pendapatan petani, dengan syarat Indonesia dapat memperbaiki produktivitas dan logistik pangannya. Selain itu, dia pun melihat bahwa ketersediaan pangan Indonesia, khususnya beras, saat ini relatif mencukupi.
 
Produksi beras dan berbagai tanaman pangan Indonesia juga dikatakan relatif stabil. Namun risiko kenaikan harga-harga pangan merupakan salah satu hal yang perlu diwaspadai.
 
"Sehingga, pemerintah serta pemerintah daerah perlu memprioritaskan peningkatan produksi pangan. Tidak hanya beras tapi juga pangan lainnya seperti jagung, ubi kayu, ubi rambat, porang, dan lain-lain," tegas Hermanto.
 
Dia pun menekankan bahwa Badan Pangan Nasional juga perlu mendorong peningkatan stok pangan diiringi dengan optimasi logistik atau pengelolaan stok pangan tersebut.
 
Saat ini, dia menyarankan kementerian terkait dan Badan Pangan Nasional harus memiliki serangkaian skenario kondisi dari yang agak buruk hingga yang sangat buruk, disertai berbagai alternatif solusi untuk mengatasi setiap kondisi tersebut.
 
"PMK untuk dana pungutan ekspor untuk diatur dikembalikan seperti semula dari USD375 ke USD175," tuturnya.

(Des)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id