comscore

Kartu Prakerja Gelombang 24 Telah Dibuka, Begini Cara Daftarnya

Patrick Pinaria - 18 Maret 2022 15:29 WIB
Kartu Prakerja Gelombang 24 Telah Dibuka, Begini Cara Daftarnya
Ilustrasi medcom.id
Jakarta: Pendaftaran kartu prakerja gelombang 24 resmi dibuka. Ini merupakan pembukaan pendaftaran kartu prakerja kedua pada 2022.

Sebelumnya, pemerintah membuka pendaftaran kartu prakerja pada 17 Februari 2022. Saat itu, pendaftaran dibuka untuk 500 orang.
Adapun pembukaan tahun ini dibarengi dengan momen peringatan dua tahun program kartu prakerja yang digelar di Bengkulu. Peresmian pembukaan juga dilakukan oleh Kepala Staf Kepresiden Moeldoko sekaligus Wakil Ketua Komite Cipta Kerja.
 
"Kamis, 17 Maret 2022, dengan ini, saya nyatakan Gelombang 24 Program Kartu Prakerja resmi dibuka," kata Moeldoko, dalam keterangan resminya, Kamis, 17 Maret 2022.

Pada kesempatan itu, Moeldoko menganalogikan program kartu prakerja ibarat bayi karena usianya yang masih sangat belia. Meski demikian program ini tidak hanya menyediakan pelatihan tapi juga menghubungkan dengan lowongan kerja yang sedang dibuka di seluruh Indonesia.

Baca: Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 24 Resmi Dibuka 
 
"Namun, meski sangat dini, capaian prestasi program sangat tinggi, terutama dalam membawa misi ganda dan inklusif, yakni meningkatkan kompetensi melalui pelatihan, menghubungkan supply dengan demand, serta menyalurkan bantuan untuk menopang daya beli," papar dia.
 
Sejak peluncuran gelombang I, kartu prakerja menjangkau 186.287 penerima manfaat dari 10 kabupaten dan kota di Provinsi Bengkulu. Bidang Penjualan Pemasaran, Gaya Hidup, Makanan dan Minuman, Manajemen serta Perkantoran menjadi Kategori Pelatihan yang paling diminati oleh peserta prakerja di Bengkulu.
 
"Survei Evaluasi Prakerja mencatat bahwa 98 persen penerima manfaat di Bengkulu menyatakan program ini meningkatkan kompetensi, keterampilan, dan soft skill. Sebanyak 97 persen peserta mengakui bahwa Kartu Prakerja mendorong kewirausahaan," ujar Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari.
 
Hingga pertengahan Maret 2022, Denni menambahkan, total sebanhak Rp459 milar insentif telah disalurkan kepada penerima kartu prakerja dari Provinsi Bengkulu. Ia menilai penyaluran program ini sudah tepat sasaran karena mendorong peserta mendapatkan pekerjaan.
 
"Program ini juga dianggap tepat sasaran karena 72 persen peserta dari Bengkulu melampirkan sertifikat pelatihan Prakerja saat melamar kerja, 30 persen peserta yang menganggur sebelum mengikuti program telah bekerja atau berwirausaha," pungkas dia.

Lalu bagaimana cara melakukan pendaftaran program kartu prakerja? Berikut ini yang dirangkum Medcom.id:
  1. Kunjungi laman prakerja.go.id
  2. Buat akun dengan mengisi email aktif dan membuat password.
  3. Peserta wajib verifikasi KTP, nomor KK, dan tanggal lahir. Kemudian klik lanjut.
  4. Isi data diri lengkap peserta
  5. Verifikasi nomor handphone
  6. Mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar
  7. Klik pernyataan persetujuan
  8. Setelahnya pendaftar akan menerima konfirmasi telah bergabung gelombang 24


(PAT)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id