Kementan Siap Distribusikan Bantuan Benih kepada Petani Indramayu

    Gervin Nathaniel Purba - 20 Maret 2020 19:52 WIB
    Kementan Siap Distribusikan Bantuan Benih kepada Petani Indramayu
    Ilustrasi petani. (Foto: MI/ Palce Amalo)
    Jakarta: Dinas Pertanian Kabupaten Indramayu memberikan usulan kepada Kementerian Pertanian (Kementan) untuk memberikan bantuan benih kepada petani di Indramayu. Banyak petani mengalami kerugian akibat banjir beberapa waktu lalu.

    Direktur Perlindungan Tanaman Pangan Ditjen Tanaman Pangan Kementan Edy Purnawaman menuturkan, bantuan benih yang diusulkan sebanyak 67,7 ton untuk lahan seluas 2.708 hektare (ha) yang tersebar di empat kecamatan, yakni Losarang, Karangampel, Kandanghaur dan Gabuswetan.

    "Saat ini benih sedang dalam proses pengadaan. Jika proses kontraknya dengan pihak ketiga telah selesai, bantuan benih siap didistribusikan kepada kelompok tani atau gabungan kelompok tani sesuai yang ditetapkan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Indramayu," tutur Edy Purnawaman, dalam keterangan tertulis, Jakarta, Jumat 20 Maret 2020.

    Seperti diketahui, banjir yang terjadi di Kabupaten Indramayu telah terjadi sejak Februari hingga  awal Maret 2020. Banjir ini menimbulkan kerusakan pertanaman padi dengan kerusakan terparah di kecamatan Kandanghaur dan Losarang.

    Selain memberikan bantuan benih, upaya penanganan banjir yang telah dilakukan antara lain penggunaan karung-karung pasir di sekitar tanggul yang jebol atau saluran irigasi yang meluap, juga dilakukan pompanisasi di bagian hulu.

    Selain itu, klaim Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) bagi petani terdampak yang sudah terdaftar sebagai peserta dengan tingkat kerusakan pertanaman minimal 75 persen juga dapat dilakukan.

    "Pertanaman padi yang tergenang di sana didominasi varietas Ciherang, Mekongga, Inpari 32 dan Inpari 42, yang bukan merupakan varietas toleran terhadap genangan, sehingga kurang mampu bertahan ketika tergenang air beberapa hari. Tanaman yang terendam umurnya bervariasi, berkisar 1-65 HST, sehingga untuk tanaman yang masih pada fase vegetatif, masih rentan terhadap genangan air," kata Edy.

    Dengan adanya respon bantuan benih dari pemerintah pusat, petani di Indramayu kini dapat bernafas lega. Kini mereka menantikan titik terang dari Kementan.





    (ROS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id