PII Berikan Penjaminan Proyek SPAM Karian-Serpong

    Medcom - 03 Mei 2021 14:00 WIB
    PII Berikan Penjaminan Proyek SPAM Karian-Serpong
    Penandatanganan perjanjian terkait penjaminan Pemerintah untuk Proyek dengan skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) Unsolicitied di sektor Air Minum yaitu Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Karian – Serpong di Auditorium Kementerian PUPR



    Jakarta: PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PT PII) memberikan penjaminan proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Karian-Serpong. SPAM itu akan memasok kebutuhan di wilayah DKI Jakarta, Kota Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan.

    Proyek SPAM Regional Karian-Serpong merupakan proyek pembangunan dan pengoperasian SPAM berkapasitas 4.600 liter/detik yang dilaksanakan dengan skema KPBU. Jangka waktu kerja sama selama 30 tahun setelah Tanggal Operasi Komersial (COD).






    Proyek ini merupakan proyek KPBU SPAM Regional antar provinsi yang diestimasikan mampu melayani ± 539 ribu sambungan rumah (SR) di wilayah Jakarta dan Banten.

    Proyek diharapkan dapat meningkatkan cakupan air bersih di Jakarta hingga 3.600 liter per detik (lpd), Kota Tangerang sebesar 750 lpd, dan Kota Tangerang Selatan sebesar 650 lpd.

    “KemenPUPR melibatkan berbagai pihak yaitu PT PII dalam menyiapkan mekanisme antisipatif dalam upaya pengendalian risiko pelaksanaan proyek KPBU, dan Pemerintah Daerah Off-Taker SPAM Regional Karian-Serpong yaitu Pemprov DKI Jakarta, Kota Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan dalam memastikan penyaluran air bersih secara optimal ke masyarakat pengguna”, kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono .

    Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan, Luky Alfirman mengatakan proyek SPAM menjadi prioritas Pemerintah untuk meningkatkan akses air bersih.

    “Kita dapat mendorong percepatan pembangunan infrastruktur, tidak hanya proyek SPAM Karian - Serpong, namun juga pada proyek-proyek infrastruktur lainnya sehingga pembangunan infrastruktur tetap berlanjut walaupun di tengah pandemi Covid-19,” kata Luky.

    Direktur Utama PT PII M. Wahid Sutopo mengatakan, dengan menyediakan penjaminan Pemerintah pada proyek ini, PT PII bersama Kementerian Keuangan, melanjutkan komitmennya untuk terus mendukung pengembangan infrastruktur sektor air minum secara berkelanjutan menyediakan akses air bersih yang berkualitas untuk masyarakat.

    “Proyek SPAM Karian - Serpong adalah proyek ke-34 yang mendapat penjaminan dari PT PII dan proyek SPAM.  Harapannya melalui penjaminan pemerintah oleh PT PII terus memperkuat keyakinan bagi para investor dan Lembaga keuangan untuk berpartisipasi dalam investasi dan pembiayaan dalam pembangunan infrastruktur nasional khususnya di sektor SPAM. Dalam proyek ini, PT PII memberikan fasilitas penjaminan pemerintah atas risiko gagal bayar PJPK dan risiko terminasi,” kata Sutopo.

    (FZN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id