Tahun Depan, Presiden Jokowi Berambisi Investasi Capai Rp1.200 Triliun

    Eko Nordiansyah - 10 Mei 2021 19:49 WIB
    Tahun Depan, Presiden Jokowi Berambisi Investasi Capai Rp1.200 Triliun
    Menteri Investasi Bahlil Lahadalia. Foto : MI/Ramdani.



    Jakarta: Menteri Investasi Bahlil Lahadalia menyebut, Presiden Joko Widodo menargetkan realisasi investasi pada tahun depan bisa mencapai Rp1.200 triliun. Target ambisius ini dipasang setelah adanya Undang-Undang (UU) Cipta Kerja yang diharapkan mempermudah perizinan.

    Bahlil mengatakan realisasi investasi setinggi ini dibutuhkan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Selain itu, pemerintah juga menargetkan agar Indonesia bisa keluar dari status negara berpendapatan menengah (middle income trap).

     



    "Presiden besar harapannya terhadap Undang-Undang Cipta Kerja, target 2022 di atas Rp1.100 triliun. Pertumbuhan (ekonomi) di atas lima persen, investasi kita harus Rp1.100 triliun sampai Rp1.200 triliun," kata dia dalam video conference di Jakarta, Senin, 10 Mei 2021.

    Ia menambahkan saat ini pemerintah masih mengebut pembuatan aturan di tingkat kementerian atau Peraturan Menteri (Permen) sebagai aturan turunan dari UU Cipta Kerja. Pemerintah sebelumnya telah menyelesaikan Peraturan Pemerintah (PP).

    "Menyangkut permen-permen akan terselesaikan semua di akhir bulan ini. Bahkan sudah 80 sampai 90 persen Permen selesai sinkronisasi, dan sudah selesai di Kemenkumham harmonisasi. Jadi semuanya cepat. PP kan sudah selesai kan tinggal Permennya," ungkapnya.

    Dengan selesainya seluruh aturan pelaksana UU Cipta Kerja ini, Bahlil menyebut, pelaksanaan sistem Online Single Submission (OSS) secara live tidak terkendala payung hukum. Mungkin ada beberapa Peraturan Daerah (Perda) yang dibutuhkan untuk mendukung UU Cipta Kerja.

    "Yang menyangkut dengan sistem kita tidak akan kaku-kaku banget. Artinya kalau memang ada masukan kita bisa customize. Jadi ini kan running Juni, kemudian kita lihat mana yang kurang mana yang perlu ditambah, Juli-Agustus baru penyempurnaan total semua," pungkas dia.


    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id