Top 5 Populer Sepekan, dari Program Food Estate hingga Relaksasi Kredit Kendaraan

    Nia Deviyana - 21 Februari 2021 15:30 WIB
    Top 5 Populer Sepekan, dari Program <i>Food Estate</i> hingga Relaksasi Kredit Kendaraan
    Ilustrasi. Foto: Dok.MI


    Jakarta: Berita terpopuler sepekan didominasi dari dalam negeri. Adapun berita terpopuler pertama, terkait keberhasilan proyek food estate di Desa Ria-Ria, Kecamatan Pollung, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumatera Utara.

    Terpopuler kedua, terkait pendaftaran vaksinasi mandiri. Program yang diusulkan Kadin merupakan bentuk komitmen dan aksi nyata mengatasi covid-19. Pihak Kadin melakukan pendataan untuk perusahaan yang berminat ikut dalam program vaksinasi mandiri atau vaksinasi gotong royong.


    Terpopuler selanjutnya, terkait harga sawit di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu. Kemudian rencana OJK untuk melakukan relaksasi penyaluran kredit kendaraan bermotor dari perbankan. Hal ini guna melengkapi stimulus fiskal pemerintah melalui pembebasan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) per 1 Maret 2021.

    Masih di sektor keuangan, OJK bakal meringankan uang muka atau down payment (DP) kredit kendaraan bermotor dan Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Kebijakan ini sebagai tindak lanjut stimulus otoritas dalam mendorong pertumbuhan ekonomi melalui kebijakan sektor jasa keuangan dalam rangka Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

    Namun, siapa yang berhak mendapatkan stimulus ini?

    Medcom.id merangkum lima berita yang menjadi topik populer dalam sepekan. Rangkuman ini sebagai referensi bagi pembaca yang memantau isu ekonomi terkini.

    1. Food Estate Humbahas Panen, Petani: Kualitas Bawang Saya Bagus

    Petani bawang merah asal Desa Ria-Ria, Kecamatan Pollung, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumatera Utara tampak girang menyambut panen. Mereka girang lantaran kualitas bawang merah yang ditanam di kawasan lumbung pangan (food estate) itu sangat bagus.
     
    Salah satu petani bawang merah, Mariono Siregar, memberikan apresiasi kepada pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pertanian (Kementan) yang telah membangun kawasan food estate di wilayahnya.

    Baca selengkapnya di sini.

    2. Segera Daftar! Besok Pendaftaran Terakhir Vaksinasi Mandiri bagi Perusahaan

    Kamar Dagang dan Industri (Kadin) membuat program vaksinasi gotong royong secara mandiri bagi swasta. Rabu, 17 Februari 2021, menjadi hari terakhir untuk pendataan program ini.

    Mengutip laman vaksin.kadin.id, Selasa, 16 Februari 2021, program ini dilakukan sebagai bentuk komitmen dan aksi nyata mengatasi covid-19. Pihak Kadin melakukan pendataan untuk perusahaan yang berminat ikut dalam program vaksinasi mandiri atau vaksinasi gotong royong.

    Baca selengkapnya di sini.

    3. Sebagian Pabrik di Mukomuko Beli Sawit dengan Harga Lebih Tinggi

    Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu mengungkapkan hanya sebagian pabrik minyak kelapa sawit di daerah ini yang membeli tandan buah segar (TBS) kelapa sawit milik petani setempat dengan harga lebih tinggi dibandingkan sebelumnya.

    Baca selengkapnya di sini.

    4. Siap-siap, OJK akan Relaksasi Kredit Mobil

    Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan menerbitkan peraturan untuk merelaksasi penyaluran kredit kendaraan bermotor dari perbankan. Hal ini guna melengkapi stimulus fiskal pemerintah melalui pembebasan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) per 1 Maret 2021.

    Baca selengkapnya di sini.

    5. DP Kredit Kendaraan dan Rumah Jadi Ringan, Berlaku untuk Siapa?

    Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meringankan uang muka atau down payment (DP) kredit kendaraan bermotor dan Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Kebijakan ini sebagai tindak lanjut stimulus otoritas dalam mendorong pertumbuhan ekonomi melalui kebijakan sektor jasa keuangan dalam rangka Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

    Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso menyampaikan berbagai relaksasi kebijakan prudensial sektor jasa keuangan secara temporer dilakukan untuk mendorong pertumbuhan kredit yang lebih cepat dengan mempertimbangkan adanya unsur idiosyncratic pada sektor jasa keuangan.

    Baca selengkapnya di sini.
     

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id