comscore

Kilang Aromatik Bernilai Rp379 Miliar Rampung, Impor Produk Petrokimia Diyakini Turun

Desi Angriani - 21 Desember 2021 12:59 WIB
Kilang Aromatik Bernilai Rp379 Miliar Rampung, Impor Produk Petrokimia Diyakini Turun
Ilustrasi. FOTO: AFP
Jakarta: PT Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI) menyelesaikan proyek perdana kilang aromatik di Indonesia dengan nilai Rp379,75 miliar. Keberadaan proyek ini akan menurunkan impor produk turunan petrokimia.

Proyek Revamping Aromatik TPPI tersebut dapat meningkatkan kapasitas produksi Paraxylene dari 600 ribu menjadi 780 ribu ton per tahun serta kapasitas produksi Benzena dari 440 ribu menjadi 500 ribu ton per tahun.
"Hari ini akan menjadi salah satu hari bersejarah bagi TPPI dengan dilaksanakannya peresmian penyelesaian OSBL Proyek Revamping Aromatik TPPI. Proyek ini merupakan proyek pertama TPPI sejak mulai beroperasi 15 tahun silam, tepatnya pada 2006," ungkap Pjs. Presiden Direktur TPPI Erwin Widiarta, dalam keterangan resminya, Selasa, 21 Desember 2021.

Direktur Utama PT Tuban Petrochemical Industries Sukriyanto menjelaskan revamping Kilang TPPI menjadi salah satu milestone penting dalam perjanjian antara Menteri Keuangan RI dan PT Pertamina (Persero) pada Agustus 2018, dalam rangka pengembangan industri petrokimia nasional.

Langkah tersebut diawali dengan pengambilalihan TubanPetro oleh Menteri Keuangan dan Pertamina, peningkatan kepemilikan saham di TPPI dan sekaligus memberikan tambahan modal utk peningkatan kapasitas kilang serta inisiasi beberapa proyek pengembangan pada anak perusahaan TubanPetro lainnya.

"Penyelesaian OSBL berupa lima unit Tangki berfungsi tidak hanya untuk mendukung keseluruhan proyek Revamping Aromatik, namun juga dapat meningkatkan fleksibilitas operasional Kilang TPPI," ungkap dia.

Pembangunan OSBL yang telah selesai dan di-commissioning terdiri dari tiga tangki berkapasitas 40 ribu kl, satu tangki dengan kapasitas 38 ribu kl dan 1 tangki berkapasitas 15.200 kl. Semuanya sudah digunakan dalam operasi Kilang TPPI sejak 18 Desember 2021.

Adapun pengembangan Kilang TPPI dibagi menjadi dua bagian yakni Proyek Revamp TPPI guna memaksimalkan produksi Paraxylene serta Proyek Olefin TPPI.

(ABD)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id