comscore

Tahun Ini Harga Batu Bara Diproyeksikan Tetap Berkilau di Atas USD70 per Ton

Annisa ayu artanti - 12 Januari 2022 16:31 WIB
Tahun Ini Harga Batu Bara Diproyeksikan Tetap Berkilau di Atas USD70 per Ton
Ilustrasi pekerja di tambang batu bara - - Foto: dok AFP
Jakarta: Mantan Menteri ESDM Arcandra Tahar memproyeksikan harga batu bara tahun ini akan melebihi USD70 per ton. Peningkatan harga batu bara seiring dengan meningkatnya kebutuhan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) global.

"Harga batu bara kemungkinan besar akan tetap tinggi di atas USD70 per ton. Kenapa? Secara kebutuhan ternyata tahun ini ada kemungkinan kebutuhannya agak tinggi dari pada pra pandemi," katanya dalam Energy and Economic Outlook 2022, Rabu, 12 Januari 2022.

Tak hanya untuk memenuhi kebutuhan energi primer bagi PLTU baru Tiongkok, Arcandra menjelaskan peningkatan harga batu bara juga disebabkan oleh Tiongkok yang memerlukan sumber energi murah demi mengerek produk-produk mereka.
Presiden Tiongkok Xi Jinping sempat mengatakan negaranya berhenti membangun PLTU baru di luar negeri, akan tetapi tetap membangun PLTU baru secara signifikan di dalam negeri. Hal tersebut dinilai akan meningkatkan kebutuhan batu bara Tiongkok.

Selain itu, hubungan dagang Tiongkok dan Australia yang kian pelik membuat tiongkok enggan menerima pasokan batu bara dari Australia sehingga kekurangan pasokan tidak bisa dihindari.

Lalu, Kanada dan Amerika yang sebelumnya menjadi pemasok batu bara ke Eropa mengalihkan ekspor batu bara mereka ke Tiongkok karena negeri bambu tersebut kekurangan pasokan. Hal tersebut membuat Eropa mengalami krisis pasokan batu bara dan mengerek harga emas hitam di atas USD200 per ton.

Di sisi lain, meski Tiongkok memiliki cadangan batu bara terbesar keempat di dunia, mereka tidak melakukan eksplorasi dan eksploitasi sendiri karena kontrol yang ketat dari sisi environment. Itu sebabnya, diprediksi Tiongkok belum mampu memenuhi kebutuhan batu bara kedepannya.


"Itu sebabnya harga tetap tinggi dan diperkirakan diatas USD70 di 2022," tegasnya.


(Des)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id