comscore

Jangan Panik! Pertamina Masih Melayani Penjualan Pertalite Tanpa Mendaftar

Annisa ayu artanti - 30 Juni 2022 09:04 WIB
Jangan Panik! Pertamina Masih Melayani Penjualan Pertalite Tanpa Mendaftar
Ilustrasi. FOTO: dok MI/PANCA SYURKANI
Jakarta: Masyarakat diminta untuk tidak panik dan khawatir terhadap penerapan aturan baru mengenai pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis pertalite dan solar yang mengharuskan masyarakat melakukan registrasi di website mypertamina.id.

Hal itu disampaikan Direktur Pemasaran Regional PT Pertamina Patra Niaga Mars Ega Legowo Putra. Dia mengatakan pada 1 Juli 2022 adalah tanggal dimulainya pendaftaran. Masyarakat yang belum mendaftarkan diri masih bisa membeli pertalite.
"Kami membuka pendaftarannya itu mulai 1 Juli. Jadi 1 Juli itu bukan berarti kalau belum daftar enggak dilayani. Tidak," katanya dalam sebuah webinar, dikutip Kamis, 30 Juni 2022.

Ega menjelaskan pihak Pertamina akan melihat proaktif masyarakat dalam menjalankan aturan tersebut. Jika di suatu kabupaten/kota masyarakatnya proaktif mendaftarkan diri maka aturan ini akan segera diterapkan.

"Yang penting daftar dulu. Nanti eksekusinya kita akan melihat kota kota tertentu masyarakatnya sudah mendaftar berapa banyak. Yang sudah mulai banyak kita eksekusi," jelasnya.
Baca: Ini Pengertian APBN, RAPBN, serta Proses Penyusunannya

Ketika aturan tersebut mulai berlaku, ia melanjutkan, bagi masyarakat yang belum mendaftarkan diri tidak akan dilayani. Ega menjelaskan ada beberapa tahapan dalam penerapan aturan baru yang diharapkan menjadi solusi permasalahan subsidi tepat sasaran tersebut.

Pertama sosialisasi. Kedua, pendaftaran. Ketiga, verifikasi. Tahapan-tahapan tersebut diharapkan selesai dalam dua minggu. "Kita akan melihat kesiapannya dua sisi. Kesiapan dari masyarakat dalam hal ini berapa persen yang sudah mendaftar dan kesiapan dari sisi Pertamina secara infrastrukturnya seperti apa," ujarnya.

Adapun implementasi gelombang pertama akan dimulai pada Juli 2022 di 11 kota/kabupaten yang tersebar di lima provinsi. Kemudian implementasi gelombang kedua ditargetkan akan dilakukan pada Agustus.

Implementasi gelombang kedua akan diterapkan di seluruh Pulau Jawa, Palu, Pontianak, dan Mataram. Sementara untuk gelombang ketiga akan dimulai pada pertengahan September yang berlaku di seluruh wilayah Indonesia.

(ABD)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id