Menteri Desa Tinjau Potensi BUMDes di Blora

    Arga sumantri - 19 September 2021 03:00 WIB
    Menteri Desa Tinjau Potensi BUMDes di Blora
    Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar blusukan mengelilingi sejumlah desa di Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Foto:Istimewa



    Blora: Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar blusukan mengelilingi sejumlah desa di Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Ia meninjau berbagai potensi pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan BUMDes Bersama di daerah tersebut. 

    "Untuk pemulihan ekonomi nasional level desa, yang pertama kita genjot adalah BUMDes dan BUMDes Bersama," ujar Halim di Blora, Sabtu, 18 September 2021.

     



    Salah satu BUMDes yang dikunjungi Halim Iskandar adalah BUMDes Maju Mapan, Desa Bangsri, Kecamatan Jepon. BUMDes ini mengelola berbagai jenis usaha seperti ternak lele dan konveksi. BUMDes ini berhasil meraih omzet sekitar Rp30 juta per bulan. 

    Ia mengapresiasi kreativitas BUMDes Maju Mapan yang telah berhasil mempekerjakan sejumlah pemuda di desanya. Menurutnya, hakikat dikembangkan BUMDes adalah untuk memberikan dampak kesejahteraan untuk masyarakat setempat. 

    "Maka saya selalu tekankan, tidak boleh BUMDes atau BUMDes Bersama mengganggu berbagai usaha yang dilakukan masyarakat," ujarnya. 

    Ia menambahkan, semua potensi desa yang terkait aset desa harus dikelola oleh BUMDes atau BUMDes Bersama. Ia melarang potensi yang berhubungan dengan aset desa dikelola oleh pihak swasta. 

    Baca: 5 Strategi Pengentasan Kemiskinan Ekstrem di Papua

    "Kalaupun dikelola swasta, harus bekerja sama dan berkoordinasi dengan BUMDes atau BUMDes Bersama," tegasnya. 

    Adapun desa lain yang dikunjungi yakni Kampung Literasi Sedulur Sikep Desa Sambongrejo, Sambong, yang memiliki potensi sebagai desa wisata adat. Selanjutnya Desa Nglobo, Kecamatan Jiken yang memiliki potensi desa wisata dan kerajinan akar pohon jati. Kemudian, Desa Palon Kecamatan Jepon yang memiliki potensi peternakan sapi. 

    Ia juga sempat mengunjungi Pondok Pesantren Khozinatul Ulum Kaliwangan Blora. Di pondok pesantren ini, Halim berdialog dan memberikan motivasi kepada para santri.

    (NUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id