Erick: Ada Holding BUMN Pangan, Jangan Impor Lagi

    Eko Nordiansyah - 09 Oktober 2021 19:47 WIB
    Erick: Ada Holding BUMN Pangan, Jangan Impor Lagi
    Menteri BUMN Erick Thohir. Foto: MI/ Pius Erlangga



    Jakarta: Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, pembentukan holding BUMN pangan bertujuan untuk menjadikan Indonesia sebagai lumbung pangan bagi sendiri maupun lumbung pangan dunia.

    Meskipun ia mengakui pembentukan holding ini tidak mudah, namun ia berharap adanya penggabungan BUMN pangan akan mengurangi impor pangan. Upaya ini dilakukan dengan mendorong produksi sesuai dengan kebutuhan dalam negeri.

     



    "Kita harus menjadikan Indonesia lumbung buat kita sendiri dan lumbung pangan dunia, seperti yang diminta Bapak Presiden. Kita sudahlah jangan impor-impor pangan," kata dia dalam Newsmaker Medcom.id, Sabtu, 9 Oktober 2021.

    Dalam beberapa pertemuan dengan Kementerian Pertanian dan Kementerian Perdagangan, Erick meminta semua data produksi, kebutuhan dalam negeri, dan impor dibuka. Dengan begitu, perusahaan BUMN bisa membuat peta jalannya.

    "Bagaimana sekarang kami di BUMN mencoba menekan impor. Tetapi yang memang tidak bisa kita lakukan ya sudah. Contoh garam industri hari ini kita harus impor karena garam yang ada di kita itu konsumsi," ungkapnya.

    Hal ini juga berlaku untuk produksi gula dalam negeri. Erick menjelaskan, gula yang diproduksi BUMN belum bisa digunakan untuk kebutuhan industri, sementara untuk kebutuhan konsumsi masih bisa diupayakan dengan perbaikan.

    "Kemarin sudah ada Badan Pangan Nasional yang salah satunya ingin memastikan ketika ada rapat datanya sama dan supaya pemerintah bisa apa namanya stabilisasi pasar. Sudah waktunya juga, sudahlah petani ini kita lindungi, kita jaga tapi dengan data-data yang baik, dengan keberpihakan yang baik," pungkas dia.
       

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id