Stok Beras saat Kemarau di Banyumas dalam Posisi Aman

    Antara - 07 Juli 2021 15:26 WIB
    Stok Beras saat Kemarau di Banyumas dalam Posisi Aman
    Beras Bulog. Foto : MI.



    Purwokerto: Perum Bulog Cabang Banyumas memastikan stok beras untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di wilayah eks Karesidenan Banyumas, Jawa Tengah selama musim kemarau dalam posisi aman.

    "Stok di gudang Bulog yang tersebar di Kabupaten Banyumas, Cilacap, Purbalingga, dan Banjarnegara saat ini mencapai 21 ribu ton setara beras. Jadi, masih aman dan mencukupi kebutuhan, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir," kata Pemimpin Cabang Bulog Banyumas Dani Satrio di Purwokerto, Kabupaten Banyumas dikutip dari Antara, Rabu, 7 Juli 2021.

     



    Bahkan, pihaknya saat ini menunggu pengadaan gabah hasil panen musim sadon atau gadu (kemarau) yang diperkirakan akan mulai berlangsung pada pertengahan atau akhir Juli 2021. Ia mengharapkan kualitas gabah hasil panen petani pada musim kemarau kali ini dalam kondisi bagus seperti biasanya meskipun sempat terkendala hujan.

    "Kemarin yang agak mengganggu ada hujan pas waktu enggak diperlukan air, sehingga dikhawatirkan mengganggu kualitas. Bahkan kabarnya banyak tanaman padi yang roboh terkena hujan," katanya.

    Terkait dengan pengadaan gabah yang dilakukan oleh Bulog Banyumas, Dani mengatakan berdasarkan data hingga hari Selasa 6 Juli 2021 tercatat telah mencapai 8.435.454 kilogram (kg) setara beras atau 25,33 persen dari target 2021 yang sebesar 33.300.000 kg beras.

    "Realisasi pengadaan tersebut terdiri atas 7.386.100 kg gabah dan 3.659.880 kg beras, sehingga total telah mencapai 8.435.454 kg setara beras," katanya menjelaskan.

    Ia juga menyewa gudang milik mitra kerja Bulog Banyumas untuk menyimpan gabah dan beras hasil pengadaan tersebut karena sembilan gudang Bulog yang tersebar di eks Karesidenan Banyumas telah penuh.

    "Ada empat gudang filial yang kami sewa dari mitra kerja, tiga di antaranya berada di Cilacap dan satu gudang di Banyumas," katanya.


    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id