Pemanfaatan Teknologi Digital Bisa Bantu UMKM Naik Kelas

    Annisa ayu artanti - 14 September 2021 14:21 WIB
    Pemanfaatan Teknologi Digital Bisa Bantu UMKM Naik Kelas
    UMKM. Foto : MI/Adam.



    Jakarta: PT Surveyor Indonesia (Persero) menilai pembinaan teknologi digital dan Program Pendanaan Usaha Mikro dan Kecil (PUMK) dibutuhkan agar UMKM akan dapat naik kelas di era pandemi.

    Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Surveyor Indonesia Rosmanidar Zulkifli mengatakan demikian lantaran, untuk UMKM-UMKM masuk ke Pasar Digital (PaDi) Kementerian BUMN saja harus memenuhi persyaratan tertentu. Surveyor pun tengah fokus membantu UMKM naik kelas dan meningkatkan pemasarannya.

     



    "Dari sekian banyak UMK saat ini, mereka bisa masuk ke Pasar Digital (PaDi)  di kementerian dan berbagai BUMN dengan syarat menjadi UMK binaan BUMN dan yang sudah memiliki Sertifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN)," kata Rosmanidar dalam keterangan tertulis, Selasa, 14 September 2021.

    Ia juga menjelaskan, belum lama ini Kementerian BUMN dan Kementerian Perindustrian telah bekerja sama dalam meluncurkan Peningkatan Mutu Sistem Pengadaan BUMN.

    Dalam kerja sama tersebut terdapat fokus untuk perluasan pasar UMK Binaan BUMN yang mencangkup koordinasi sinergi dan fungsi untuk Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) di BUMN serta sertifikasi TKDN untuk Produk Industri Kecil Binaan BUMN.

    "Industri yang telah memiliki sertifikat TKDN akan terdaftar di Marketing Tools P3DN Kementerian Perindustrian yang sekaligus jadi alat pemasaran yang efektif," ujarnya.

    Rosmanidar menyebutkan, tahun ini sertifikasi TKDN untuk UMK di bawah binaan BUMN mencapai 3.000 sertifikat. UMK di bawah binaan BUMN yang sudah melakukan sertifikasi mendapatkan manfaat seperti mengalami kenaikan omzet hingga 200 persen setelah mengikuti program sertifikasi TKDN dan mengikuti proses pengadaan pemerintah.

    "Kami berharap UMK tidak hanya hidup, namun juga berkembang dan dapat berdiri sendiri hingga pasar nasional,” pungkasnya.


    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id