Program Mang Covid Antarkan Kemenaker Raih Penghargaan Merdeka Award

    M Studio - 01 April 2021 23:44 WIB
    Program Mang Covid Antarkan Kemenaker Raih Penghargaan Merdeka Award
    Penghargaan Merdeka Award 2021 diraih Kemenaker sebagai ganjaran atas peluncuran program Mang Covid sebagai mitigasi dan ?penanganan dampak pandemi covid-19 (Foto:dok.Kemenaker)



    Jakarta: Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) meraih penghargaan Merdeka Award 2021. Penghargaan ini diraih sebagai bentuk apresiasi atas keberhasilan Kemenaker meluncurkan program Mang Covid sebagai mitigasi dan penanganan dampak pandemi covid-19.

    "Kemenaker mengucapkan terima kasih atas penghargaan Merdeka Award  yang telah memberikan apresiasi kepada program yang kita kembangkan, Mang Covid. Program ini sebagai bentuk respons terhadap pandemi covid-19," ujar Sekjen Kemenaker Anwar Sanusi seusai menerima penghargaan Merdeka Award 2021, di Jakarta, Rabu, 31 Maret.






    Sekjen Anwar Sanusi mengatakan Mang Covid merupakan program pelatihan Management Pencegahan Covid. Mang Covid memiliki tiga sasaran sekaligus, yakni pencegahan penularan covid-19, penyaluran kerja korban pemutusan hubungan kerja (PHK), dan pertolongan bagi kaum disabilitas, serta pemberdayaan UMKM.

    "Dalam penanganan covid-19 ini kita melibatkan perusahaan dan dunia  industri. Dalam program Mang Covid, para peserta bisa berkembang menjadi wirausaha mandiri dan pelaku UMKM," katanya.

    Pandemi covid-19 berdampak besar terhadap bidang ketenagakerjaan. Berdasarkan data yang dihimpun Kemenaker, sebanyak 29,2 juta pekerja terdampak pandemi covid-19, mulai dari pekerja yang dirumahkan hingga pekerja yang di-PHK.

    "Pemerintah terus berupaya secara maksimal melalui Kemenaker agar dampak covid-19 bisa diminimalkan. Salah satu upaya yang kita luncurkan yakni program Mang Covid. Mudah-mudahan ini bentuk ikhtiar kita untuk meminimalkan dampak covid-19," ujarnya.

    Dampak ketenagakerjaan yang luar biasa ini mendorong Kemenaker meningkatkan kreativitas dan keterampilan, terutama mendorong wirausahawan baru.

    "Meskipun kita masih dalam kondisi pandemi, kita harus menyiapkan tenaga kerja yang pas dan kompeten. Karena saya yakin itu sesuatu yang produktif dan bisa menggerakkan roda perekonomian Indonesia pada masa covid-19," katanya.

    Program Mang Covid Antarkan Kemenaker Raih Penghargaan Merdeka Award

    Anwar Sanusi menilai gagasan anugerah Merdeka Award sangat bermanfaat bagi instansi pemerintah maupun swasta dalam rangka merespons pandemi covid-19. 

    "Mudah-mudahan dengan acara seperti ini menjadi contoh program apa yang di hati rakyat bisa bisa menjadi inspirasi, " ujarnya.

    Selain Program Mang Covid, Kemenaker juga melakukan berbagai program mitigasi dan penanganan dampak covid-19, yaitu Balai Latihan Kerja (BLK) Tanggap Covid-19, Pengembangan Perluasan Kesempatan Kerja berupa padat kaya infrastruktur, padat karya produktif, padat karya mandiri, wirausaha, serta Posko K3 Korona. 

    Tak hanya itu, program mitigasi Kemenaker lainnya pada masa pandemi berupa penyaluran bantuan pemerintah, yaitu subsidi gaji/upah (BSU)  bagi pekerja yang terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan serta Kartu Prakerja.

    Sementara itu, Pemimpin Redaksi merdeka.com Ramadhian Fadillah dalam sambutannya mengatakan, penghargaan Merdeka Award 2021 bertajuk Inspirasi di Tengah Pandemi diberikan sebagai bentuk apresiasi bagi mereka yang berjuang di tengah situasi pandemi.

    "Ini adalah cara kami memberikan apresiasi untuk bapak ibu yang telah memberikan inspirasi kepada banyak orang di tengah segala keterbatasan sosial akibat pandemi covid-19. Kami bekerja sama dengan banyak pihak mencari dan memilih pihak-pihak yang layak menerima apresiasi," ujar Ramadhian Fadillah.

    (ROS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id