Pariwisata Dibuka Juni, Kepri Siap Jadi Pilot Project

    Suci Sedya Utami - 16 April 2021 15:03 WIB
    Pariwisata Dibuka Juni, Kepri Siap Jadi <i>Pilot Project</i>
    Ilustrasi wisatawan menikmati senja di salah satu resort di Bintan - - Foto: dok Antara



    Jakarta: Pemerintah akan kembali mengaktifkan (reaktivasi) sektor pariwisata khususnya untuk wisatawan mancanegara secara bertahap mulai Juni 2021. Salah satu destinasi yang akan dibuka yakni Kepulauan Riau (Kepri) melalui konsep travel bubble.

    Reaktivasi ini diharapkan mampu membuka perbatasan Batam-Bintan sebagai pilot project dengan negara tetangga, Singapura. Deputi Bidang Kebijakan Strategis Kemenparekraf Addin Maulana menjelaskan pihaknya sudah menyusun peta zona dan rute aman berwisata.






    "Karena tidak semua destinasi bisa dibuka untuk umum, beberapa harus dipilih dan ditentukan mana yang dibuka untuk pilot project, mana yang tidak," kata Addin dilansir dari laman resmi Kemenparekraf, Jumat, 16 April 2021.

    Kemudian memaksimalkan vaksinasi demi menciptakan herd immunity  untuk penduduk lokal, pekerja pariwisata, maupun tenaga kesehatan. Ketiga, sertifikasi end to end, yang dimaksud adalah penerapan protokol kesehatan.

    Mulai dari ketibaan di negara tujuan, proses imigrasi, pengambilan bagasi, penyewaan mobil, check in dan check out hotel, mengakses layanan-layanan di destinasi wisata, penerbangan pulang, dan ketibaan kembali di negara asal.

    Kemenparekraf juga melakukan observasi lapangan untuk memastikan protokol CHSE diterapkan dengan benar. Karena kami perlu memastikan sertifikasi CHSE yang diberikan tidak hanya berupa sertifikasi saja, tetapi pelaksanaan dari CHSE tersebut dilakukan secara ketat dan disiplin.

    Sementara Staf Ahli Menteri Bidang Sosial, Budaya, dan Pemberdayaan Masyarakat Indonesia Kementerian Luar, Siti Nugraha Mauludiah, menekankan bahwa reaktivasi pariwisata ini hanya dapat dilakukan apabila Batam-Bintan telah memenuhi indikator siap dan aman. Hal ini dilakukan untuk mencegah peningkatan covid-19.

    “Kami berharap agar dalam waktu dekat seluruh kriteria reaktivasi ini dapat dicapai oleh Batam dan Bintan,” jelas Siti.


    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id