Pemberian Bansos Bantu Tahan Kenaikan Kemiskinan hingga 10,2% Akibat Covid-19

    Eko Nordiansyah - 27 Januari 2021 16:14 WIB
    Pemberian Bansos Bantu Tahan Kenaikan Kemiskinan hingga 10,2% Akibat Covid-19
    Penerima Bansos. Foto : Kemenkop UMKM.



    Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebut keberadaan bantuan sosial (bansos) selama pandemi covid-19 mampu menahan kenaikan jumlah kemiskinan. Apabila tidak ada intervensi pemerintah tingkat kemiskinan bisa mencapai 10,2 persen.

    Pada Maret 2020, tingkat kemiskinan mengalami peningkatan menjadi 9,78 persen dari sebelumnya 9,22 persen di September 2019. Dengan adanya program bansos dari pemerintah, tingkat kemiskinan masih bisa dijaga di level single digit pada tahun lalu.




    "Dengan adanya berbagai intervensi pemerintah ini kemiskinan bisa tetap kita tahan pada single digit. Seandainya pemerintah tidak melakukan langkah-langkah itu prediksi kemiskinan bisa meloncat di atas 10,2 persen," kata dia dalam rapat dengan Komisi XI DPR di Jakarta, Rabu, 27 Januari 2021.

    Ia menambahkan tingkat kemiskinan sebetulnya telah mengalami tren penurunan selama empat tahun terakhir. Namun akibat adanya pandemi covid-19 pada tahun lalu, penurunan tingkat kemiskinan sedikit terhambat sehingga malah mengalami kenaikan.

    "Oleh karena covid, sesudah kita mencapai 9,22 persen yaitu tingkat kemiskinan paling rendah dalam sejarah Indonesia kita kembali melihat kemiskinan meningkat di 9,78 persen dimana tingkat kemiskinan di pedesaan dan perkotaan sama-sama meningkat," jelas dia.

    Sri Mulyani menyebut, tingkat kemiskinan di pedesaan mengalami sedikit kenaikan dari 12,6 persen menjadi 12,82 persen pada Maret 2020. Tingkat kemiskinan di perkotaan justru mengalami kenaikan lebih besar dari 6,56 persen menjadi 7,38 persen.

    "Memang di sektor perkotaan dimana berbagai restriksi dan pengetatan mobilitas menyebabkan perekonomian mengalami pelemahan dan masyarakat kemudian kehilangan pekerjaan atau berkurang pendapatannya," pungkasnya.  


    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id