Bandara AP II Perketat Pengawasan Pemeriksaan Penumpang di Periode Larangan Mudik

    Suci Sedya Utami - 04 Mei 2021 11:59 WIB
    Bandara AP II Perketat Pengawasan Pemeriksaan Penumpang di Periode Larangan Mudik
    Ilustrasi pergerakan penumpang di bandara yang dikelola Angkasa Pura II - - Foto: AP II



    Jakarta: PT Angkasa Pura II (Persero) mendukung kebijakan larangan mudik dengan meningkatkan pengawasan di bandara-bandara yang dikelolanya sepanjang periode 6-17 Mei 2021.

    AP II akan memfasilitasi adanya posko monitoring di 20 bandara untuk pemeriksaan dokumen persyaratan perjalanan penumpang di masa tersebut. Stakeholder yang bertugas di posko antara lain unsur Satgas Penanganan covid-19, Otoritas Bandara, maskapai, TNI/Polri, dan Pemda setempat.






    Seperti diketahui, yang boleh melakukan perjalanan dengan pesawat pada periode itu adalah pelaku perjalanan dengan tujuan khusus seperti misalnya kedinasan, mengunjungi keluarga yang sakit atau tengah berduka, ibu hamil untuk kepentingan persalinan, dan kepentingan non-mudik lainnya yang dilengkapi dengan surat dari kelurahan.

    “Posko ini juga sebagai wadah koordinasi dan kolaborasi di antara stakeholder serta memastikan protokol kesehatan diterapkan seperti misalnya pengaturan jaga jarak di gedung terminal,” ujar Direktur AP II Muhammad Awaluddin dalam keterangan resmi, Selasa, 4 Mei 2021.


    Di bandara AP II juga diaktifkan posko monitoring data untuk mencatat data lalu lintas penumpang, pesawat dan kargo, sehingga stakeholder dapat selalu memprediksi serta bersiaga memastikan seluruh operasional lancar.

    Sementara itu, stakeholder lainnya yakni Kantor Kesehatan Pelabuhan Kementerian Kesehatan (KKP Kemenkes) bertugas melakukan validasi dokumen kesehatan tes covid-19 bagi yang boleh melakukan perjalanan. Verifikasi dokumen kesehatan ini juga akan dilakukan oleh maskapai.

    Adapun AP II mendukung penuh fasilitas dan lokasi bagi stakeholder terkait untuk melakukan validasi dokumen-dokumen perjalanan tersebut.

    “Masing-masing stakeholder di seluruh bandara AP II menjalankan fungsi dan peran untuk mendukung ketentuan peniadaan mudik,” jelas Awaluddin.


    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id