Terpopuler Harian Ekonomi, Program Kartu Prakerja Paling Disorot

    Arif Wicaksono - 06 Desember 2020 09:05 WIB
    Terpopuler Harian Ekonomi, Program Kartu Prakerja Paling Disorot
    Kartu prakerja. Foto : Medcom.id.
    Jakarta: Program kartu prakerja jadi berita terpopuler pembaca Medcom.id, Sabtu, 5 Desember 2020. Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mendorong pemerintah dapat terus melanjutkan Program Kartu Prakerja pada tahun-tahun mendatang.

    Selain itu ada beberapa topik berita populer lainnya yang berkaitan dengan mata uang rupiah, investor Jepang, fintech, serta Blok Mahakam. Berita selengkapnya bisa dilihat di bawah ini.

    1. MPR Lanjutkan Program Kartu Prakerja

    Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mendorong pemerintah dapat terus melanjutkan Program Kartu Prakerja pada tahun-tahun mendatang. Upaya itu tentu diikuti pemetaan keahlian serta kurikulum pelatihan yang terarah dan relevan dengan keperluan industri.
     
    Pernyataan Bamsoet seiring munculnya tantangan disrupsi di bidang ketenagakerjaan yang harus bisa dijawab oleh program Kartu Prakerja melalui pelatihan yang lebih efektif. Karenanya, ia juga mendorong pemerintah melakukan upgrade pada program Kartu Prakerja, dengan terlebih dahulu mengevaluasi dua hal.

    Baca berita selengkapnya di sini.

    2. Rupiah Terus Berupaya Kembali ke Level Rp13 Ribu

    Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) pada perdagangan di sepanjang pekan ini terpantau terus berusaha kembali ke level Rp13 ribu per USD. Kebijakan moneter yang akomodatif oleh bank sentral di dunia dan di Indonesia membuat arus modal masuk ke Indonesia dan memperkuat mata uang Garuda.
     
    Mengutip data Bloomberg, Sabtu, 5 Desember 2020, nilai tukar rupiah pada awal pekan ini atau tepatnya Senin, 30 November, berada di posisi Rp14.120 per USD. Lalu pada Selasa, 1 Desember, mata uang Garuda melemah tipis ke level Rp14.130 per USD. Kemudian pada Rabu, 2 Desember, nilai tukar rupiah menguat ke posisi Rp14.125 per USD.

    Baca berita selengkapnya di sini.

    3. Investor Jepang Buka Peluang Kerja Sama dengan BUMN

    Upaya Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir untuk membenahi perusahaan pelat merah mendapat dukungan dari investor Jepang. Dukungan itu pun membuka jalan bagi BUMN bekerja sama dengan pihak Jepang.
     
    Dalam lawatan ke Jepang bersama Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Erick bertemu dengan instansi Pemerintah Jepang. Selain itu dirinya juga bertemu dengan sekitar 20 perusahaan terkemuka di antaranya Mitsubhisi Estate, Mitsui, Hanwa, dan Sumitomo.

    Baca berita selengkapnya di sini.

    4. 5 Jenis Fintech yang Harus Diketahui

    Industri financial technology (fintech) terus berkembang pesat dalam beberapa tahun belakangan. Banyak pihak yang terbantu akan kehadiran fintech, mulai dari individu hingga pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).
     
    Namun, jika salah langkah dan kurangnya pemahaman akan industri ini, bisa membuat Anda merugi. Managing Partner Simbolon & Partner Law Firm Yudianta Medio Simbolon menyampaikan ada lima kategori fintech yang perlu diketahui pelaku UMKM.

    Baca berita selengkapnya di sini.

    5. Biaya Operasional Blok Mahakam Kian Efisien

    PT Pertamina (Persero) berupaya untuk menjalankan kegiatan hulu minyak dan gas bumi (migas) seefisien mungkin. Salah satu contoh nyata upaya efisiensi dalam operasional hulu bisa dilihat pada pengelolaan Blok Mahakam.
     
    CEO Subholding Upstream Pertamina atau PT Pertamina Hulu Energi (PHE) Budiman Parhusip mengatakan efisiensi dilakukan oleh pekerja PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM) dengan menerapkan desain pengeboran sumur-sumur produksi yang mampu memangkas biaya.

    Baca berita selengkapnya di sini.

    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id