Kemendag: Produk Makanan Minuman RI Siap Gebrak Kawasan Teluk dan Timur Tengah

    Antara - 23 Februari 2021 08:30 WIB
    Kemendag: Produk Makanan Minuman RI Siap Gebrak Kawasan Teluk dan Timur Tengah
    Aktivitas produksi di industri makanan dan minuman. FOTO: ANTARA/HO-Biro Humas Kementerian Perindustrian



    Jakarta: Kementerian Perdagangan (Kemendag) menyampaikan produk makanan dan minuman (mamin) Indonesia siap menggebrak pasar Kawasan Teluk dan Timur Tengah. Salah satu yang  digalakkan dengan keikutsertaan Indonesia pada pameran Gulfood 2021 di Dubai World Trade Centre, Dubai, Uni Emirat Arab (UEA) pada 21-25 Februari 2021.

    "Uni Emirat Arab adalah hub bagi Kawasan Teluk dan Timur Tengah. Sebagai pasar potensial, nilai ekspor makanan olahan Indonesia ke UEA pada 2020 tercatat sebesar USD89,42 juta atau meningkat 27,09 persen ketimbang tahun sebelumnya," kata Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Kasan, dilansir dari Antara, Selasa, 23 Februari 2021.




    Kasan mengatakan, pasar mamin Indonesia di kawasan Teluk dan Timur Tengah berpotensi terus meningkat. Hal itu terlihat pada peningkatan nilai ekspor makanan olahan Indonesia ke UEA pada 2020. Gulfood merupakan pameran tahunan bergengsi dan bertaraf internasional terbesar di UEA.

    Pada 2020, pameran ini diikuti 5.000 peserta dari 120 negara dan dikunjungi 92.902 pengunjung/buyer dari 186 negara. Sekitar 59 persen pengunjung berasal dari Amerika dan Asia, sementara sisanya adalah pengunjung lokal. Pada gelaran tahun ini, sebanyak 15 perusahaan Indonesia turut berpartisipasi.

    "Meskipun pandemi belum sepenuhnya berakhir, Kemendag ingin memanfaatkan momen awal tahun dan menjelang gelaran Expo 2020 Dubai untuk menggebrak pasar produk mamin unggulan Indonesia yang dapat berkontribusi pada peningkatan nilai ekspor di Kawasan Teluk dan Timur Tengah," kata Kasan.

    Mengusung tema 'Trade with Indonesia', Paviliun Indonesia menempati Zona World Food Hall Syeikh Rashid. Paviliun Indonesia itu merupakan hasil kerja sama Ditjen PEN dengan Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Dubai dan Konsulat Jenderal RI di Dubai.

    Dari 15 perusahaan Indonesia yang berpartisipasi pada pameran ini, Paviliun Indonesia menampilkan 10 perusahaan yang difasilitasi Kemendag. "Melalui promosi dagang ini, diharapkan dapat menggaungkan partisipasi Indonesia pada Expo 2020 Dubai sehingga berperan maksimal dalam menjangkau negara-negara di kawasan Teluk dan Timur Tengah," pungkas Kasan.

    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id