Hadapi Idulfitri, Pertamina Tambah Stok LPG 3 Kg di Sulawesi

    Antara - 11 Mei 2021 07:48 WIB
    Hadapi Idulfitri, Pertamina Tambah Stok LPG 3 Kg di Sulawesi
    Ilustrasi. FOTO: MI/Djoko Sardjono



    Makassar: PT Pertamina Regional Sulawesi menambah stok hingga tiga juta tabung Liquified Petroleum Gas (LPG) di wilayah Sulawesi. Langkah itu dilakukan untuk mengantisipasi kenaikan kebutuhan masyarakat jelang hingga perayaan Lebaran Idulfitri 1442 Hijriah.

    Tambahan stok LPG tabung tiga kilogram tersebut  25 persen lebih banyak dibandingkan dengan konsumsi normal pada Mei 2021 atau sebanyak lebih dari tiga juta tabung untuk seluruh provinsi di Sulawesi. Adapun penambahan alokasi LPG tiga kg untuk antisipasi kenaikan konsumsi akibat pembatasan yang diperketat.

     



    "Yang menyebabkan aktivitas di rumah cenderung meningkat," kata Unit Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Regional Sulawesi Laode Syarifuddin Mursali, di Makassar, Sulawesi Selatan, dilansir dari Antara, Selasa, 11 Mei 2021.

    Walaupun adanya larangan mudik mengacu pada Surat Edaran dari Satuan Tugas Penanganan Covid-19 nomor 13 tahun 2021 tentang peniadaan mudik Hari Raya Idulfitri Tahun 1442 H, tentunya aktivitas jelang dan perayaan selama lebaran tentu akan lebih banyak berada di rumah.

    "Hal ini dilakukan untuk menekan angka inflasi daerah dan harga diluar kewajaran dengan cara operasi pasar sesuai permintaan dari masing-masing kota kabupaten," ungkapnya.

    Dari total tiga juta tabung LPG tiga kg tersebut akan disiapkan untuk di Provinsi Sulawesi Selatan sebanyak 1.720.440 tabung, di Provinsi Sulawesi Tengah sebanyak 353.360 tabung, Sulawesi Utara sebanyak 342.560 tabung, Sulawesi Tenggara sebanyak 221.520 tabung, Gorontalo sebanyak 219.800 tabung, dan Sulawesi Barat sebanyak 176.440 tabung.

    La Ode Syarifuddin mengemukakan selain penambahan pasokan LPG tiga kilogram lebih banyak dari alokasi reguler, Pertamina juga menjamin pasokan LPG dengan menyiagakan lebih dari 3.700 layanan penjualan resmi LPG Pertamina.

    Seperti agen dan pangkalan yang tetap beroperasi untuk mengantisipasi tingginya permintaan kebutuhan masyarakat selama libur Idulfitri yang disiagakan selama periode Satgas Ramadan dan Idulfitri sejak 26 April hingga 30 Mei 2021.

    "Dioperasikannya agen dan pangkalan siaga selama Satgas Ramadan dan Idulfitri ini merupakan bentuk nyata Pertamina sebagai BUMN dalam menjalankan amanat Undang-Undang Energi Nomor 30 Tahun 2007. Pertamina harus mampu memberikan availability atas ketersediaan energi untuk masyarakat," jelasnya.

    Khusus untuk distribusi LPG, Pertamina telah menyiagakan juga 42 SPPBE (Stasiun Pengisian dan Pengangkutan Bulk Elpiji) dan menyiagakan 16 titik SPPBE Kantong. Seluruh agen dan pangkalan siaga per-provinsi yang disiagakan Pertamina Regional Sulawesi harus tetap melayani masyarakat atas kebutuhan energi.
     

    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id