Media Sosial dan IoT Ubah Cara Kerja Baru

    Medcom - 30 September 2021 07:30 WIB
    Media Sosial dan IoT Ubah Cara Kerja Baru
    ?Media Sosial dan IoT Ubah Cara Kerja Baru. Foto: dok Hasnur Group.



    Jakarta: Situasi yang serba tidak pasti akibat pandemi membuat perubahan teknologi dan informasi di era industri 4.0 semakin cepat. Situasi ini mau tidak memaksa para pelaku usaha untuk selalu bisa adaptif, kreatif, dan inovatif.

    Presiden Direktur Hasnur Group Jayanti Sari mengatakan, tantangan ke depan adalah ketika sosial media dan internet of things (IoT) telah mengubah cara kerja dan hidup baru.

     



    "Dengan teknologi dan kerja sama strategis dari berbagai pihak yang memiliki komitmen sama, tentu akan menjadikan perusahaan bisa survive terhadap ketidakpastian," imbuhnya, dalam keterangan resminya, Kamis, 30 September 2021.

    Sebagai Generasi Kedua Hasnur Grup, Jayanti melihat bahwa perseroan harus siap menjadi perusahaan yang terdepan dalam kolaborasi dan teknologi. Menurut dia, Hasnur Group sebagai salah satu entitas bisnis yang berbasis sumber daya alam telah menjalankan prinsip-prinsip Good Corporate dan berkomitmen terhadap keberlanjutan lingkungan hidup.

    Wakil Presiden Direktur Hasnur Group Zainal Hadi HAS HB menambahkan, Hasnur Group telah beradaptasi kebiasaan baru dengan mendorong perubahan dan transisi perusahaan tanpa harus meningalkan nilai kearifan lokal dan religiulitas.

    "Pandemi jelas berdampak kepada perusahaan, tapi kami berkomitmen untuk terus berkontribusi terhadap pembangunan. Kami juga menyadari core bisnis Hasnur adalah sumber daya alam yang relatif terbatas," jelasnya.

    Oleh karena itu, perlu pengembangan bisnis baru dengan melibatkan penggunaan teknologi yang tepat guna dan kolaborasi yang berlandaskan fairness dan itikad baik, sesuai moto dari Hasnur "Grow Together Develop the Future".

    Stimulus pemerintah bangkitkan ekonomi

    Hasnur Group merupakan sebuah perusahaan lokal Banua yang didirikan oleh H. Abdussamad Sulaiman dan Isteri Hj Nurhayati di Kalimantan Selatan. Pada 27 Agustus tahun ini tepat berusia 55 tahun terus berkiprah mendukung perekonomian daerah dan nasional. Hasnur Group pun melakukan serangkaian kegiatan perayaan sekaligus syukuran HUT ke-55 dengan tema Semangat Kreatif dan Inovatif.

    Perayaan ditutup dengan webinar nasional pada Rabu, 29 September 2021. Webinar yang diberi judul "Embracing Unpredictability with Technology and Strategic Partnership".

    Webinar ini dihadiri oleh Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto. Dalam sambutannya, yang diwakili Deputi I Bidang Ekonomi Makro dan Keuangan menyebut pandemi telah menghancurkan perekonomian global termasuk Indonesia. Namun, stimulus pemerintah terhadap perekonomian membangkitkan optimisme.

    "Kita tetap optimistis melalui pandemi ini, berbagai stimulus dan program pemulihan yang dilakukan pemerintah berada dalam posisi on the track. Program stimulus dalam rangka pemulihan ekonomi nasional akan terus berlanjut di 2022," jelasnya.

    Corporate Director Human Capital and Administrasion Hasnur Group mengatakan momentum 55 tahun menjadikan Hasnur Group  untuk selalu siap menghadapi setiap perubahan, termasuk menjadikan salah satu entitas bisnisnya yaitu PT Hasnur  Internasional Shipping Tbk menjadi perusahaan terbuka tepat 1 September 2021.

    Panel dalam webinar ini juga dihadiri oleh Founder & CEO Digital Energy Asia Salis S. Aprilian. Dia menyebut situasi ketidakpastian hari ini dikenal dengan VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity, Ambiguity). "Hanya dengan leadership yang kuat dari pimpinan perusahaan maka akan mampu melalui tantangan ini," tegasnya.

    Sementara itu, Praktisi dan Akademisi Komite Ekonomi Nasional Aviliani menyampaikan program pemulihan ekonomi harus terus berjalan dengan terobosan baru karena kepastian ekonomi adalah ketidakpastian itu sendiri.

    "Oleh karenanya adaptasi menjadi kunci, sehingga perekonomian baik makro maupun mikro akan terus bergulir dan tumbuh," pungkasnya.

    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id