Indosat dan Tri Merger, Apa Untungnya?

    Sri Yanti Nainggolan - 17 September 2021 18:52 WIB
    Indosat dan Tri Merger, Apa Untungnya?
    Gedung kantor pusat Indosat Ooredoo di Jakarta. ANTARA/Ahmad Wijaya



    Jakarta: PT Indosat Tbk dan PT Hutchison 3 Indonesia (H3I) akhirnya sepakat untuk merger. Perusahaan hasil gabungan Ooredoo Q.P.S.C dan CK Hutchison Holdings Limited itu akan diberi nama PT Indosat Ooredoo Hutchison Tbk.

    Hasil merger ini diyakini akan menjadikan perusahaan telekomunikasi terbesar kedua di Indonesia dengan perkiraan pendapatan tahunan hingga USD3 miliar. Perusahaan gabungan akan memiliki skala, kemampuan keuangan, dan keahlian untuk bersaing dengan lebih efektif.

     



    "Dengan adanya kesepakatan ini, kami sekarang bisa fokus untuk menyelesaikan transaksi dan bekerja sama dengan CK Hutchison untuk menggabungkan keahlian dari masing-masing grup telekomunikasi global untuk membangun perusahaan telekomunikasi digital kelas dunia di Indonesia," kata Managing Director of Ooredoo Group Aziz Aluthman Fakhroo dalam keterangan tertulis, Jumat, 17 September 2021.

    Baca: Merger dengan Tri, Indosat Masuk Rekomendasi Analis

    Sementara itu, Group Co-Managing Director of CK Hutchison Holdings Canning Fok juga menjelaskan kesepakatan ini adalah kesempatan besar untuk membangun perusahaan telekomunikasi yang lebih kuat dan inovatif di Indonesia.

    "Indosat Ooredoo Hutchison akan berada pada posisi yang dapat mempercepat laju pembangunan dan perkembangan jaringan untuk mendukung agenda digital pemerintah Indonesia, serta memberikan manfaat bagi para pelanggan dan masyarakat Indonesia pada umumnya," jelas Canning Fok.

    Berikut adalah tiga keuntungan dari merger PT Indosat Tbk dan PT Hutchison 3 Indonesia (H3I).

    1. Prospektif bisnis yang sangat menjanjikan

    Analis Panin Sekuritas William Hartanto merekomendasikan investor untuk membeli saham PT Indosat Tbk (ISAT) seiring pengumuman kesepakatan transaksi definitif tersebut karena memiliki prospektif bisnis yang sangat menjanjikan.
    Indosat dan Tri Merger, Apa Untungnya?
    Indosat. Foto : AFP

    "Merger ini juga akan memperkuat posisi keduanya dalam industri seluler di Tanah Air. (Harga saham ISAT) uptrend, oleh karena itu rekomendasinya buy dengan taking profit di 7.300-8.400," ujar William saat dihubungi di Jakarta, 17 September 2021.

    2. Bisa bersaing dengan Telkom

    Menurut William, Indosat dan H3i memiliki kekuatan yang saling mendukung dalam rangka mendorong perusahaan hasil peleburan tersebut berlari lebih kencang di tengah persaingan industri telekomunikasi yang makin ketat.

    "Kekuatan Indosat-H3i cukup kuat, namun pada puncak-puncaknya menurut saya akan jadi sama kuatnya seperti TLKM (PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk)," kata William.



    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id