Penghentian Laporan EoDB Bank Dunia Tak Pengaruhi Minat Investor ke RI

    Eko Nordiansyah - 21 September 2021 11:08 WIB
    Penghentian Laporan EoDB Bank Dunia Tak Pengaruhi Minat Investor ke RI
    Ilustrasi. Foto: Medcom.id



    Jakarta: Ekonom CORE Indonesia Piter Abdullah menilai pengentian sementara laporan Ease of Doing Business (EoDB) oleh Bank Dunia tidak akan berdampak kepada Indonesia. Menurut dia, minat investor ke Indonesia tidak ditentukan oleh peringkat EoDB yang selama ini dikeluarkan Bank Dunia.

    "Tidak ada dampaknya (penghentian laporan EoDB Bank Dunia), investor memilih Indonesia sebagai tujuan investasi bukan didasarkan kepada hasil peringkat yang dikeluarkan oleh Bank Dunia," kata dia kepada Medcom.id, Selasa, 21 September 2021.

     



    Bank Dunia memutuskan untuk menghentikan sementara laporan EoDB berikutnya dan memulai serangkaian tinjauan serta audit atas laporan dan metodologinya. Keputusan untuk menghentikan setelah ada penyimpangan data EoDB 2018 dan 2020 yang dilaporkan secara internal pada Juni 2020.

    Piter menambahkan, Indonesia memang memiliki potensi yang besar dan sangat menarik bagi investor. Sayangnya selama ini hambatan investasi disebabkan oleh regulasi yang cukup kompleks dan sudah mulai diselesaikan dengan adanya Undang-Undang (UU) Cipta Kerja.

    "Selama ini minat investor ke Indonesia tinggi tetapi terhambat oleh berbagai kendala, mulai dari perizinan hingga ketenagakerjaan. Semua hambatan itu yang sedang diupayakan dihilangkan oleh pemerintah termasuk dengan mengeluakan UU Cipta Kerja," ungkapnya.

    Ia menyebut, peringkat EoDB yang dikeluarkan oleh Bank Dunia membantu pemerintah mengevaluasi kebijakan perizinan berusaha. Namun, tanpa peringkat EoDB sekalipun, minat investor diyakini tetap tinggi ditambah upaya reformasi kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah.

    "Peringkat yang dikeluarkan oleh Bank Dunia memang membantu indonesia dalam mengevaluasi kebijakan-kebijakan Indonesia dalam upaya mengurangi hambatan investasi. Tetapi tanpa peringkat dari Bank Dunia pun upaya tersebut masih akan terus berjalan," pungkas dia.

     

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id