Konsumsi Pertamax Cs Meningkat, Masyarakat Makin Sadar BBM Ramah Lingkungan

    Ade Hapsari Lestarini - 09 Juni 2021 07:34 WIB
    Konsumsi Pertamax Cs Meningkat, Masyarakat Makin Sadar BBM Ramah Lingkungan
    Foto: dok MI.



    Jakarta: Konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) ramah lingkungan seperti pertamax cs di berbagai daerah terus meningkat. Artinya, masyarakat dinilai mulai sadar akan penggunaan BBM ramah lingkungan.

    Direktur Eksekutif Energy Watch, Mamit Setiawan menuturkan, peningkatan ini mengindikasikan edukasi PT Pertamina (Persero) ke masyarakat berhasil. Terutama dalam Program Langit Biru.

     



    "Saya kira ini hal menggembirakan ketika masyarakat kita sudah mulai beralih ke BBM dengan RON yang lebih tinggi. Ini membuktikan bahwa edukasi yang disampaikan sudah berhasil dengan baik sehingga kesadaran semakin kuat," kata Mamit, dikutip Rabu, 9 Juni 2021.

    Masyarakat, kata Mamit, sudah mulai memahami keunggulan dari penggunaan BBM dengan RON tinggi jika dibandingkan dengan menggunakan BBM RON rendah. Karena, lanjut Mamit, performa mesin menjadi lebih optimal jika menggunakan BBM dengan RON yang tinggi.

    "Kompresi mesin menjadi lebih optimal. Selain itu, jarak tempuh menjadi lebih jauh sehingga pengguna BBM RON tinggi menjadi lebih hemat," jelas dia.

    Mamit mengimbau Pertamina tetap perlu melanjutkan program langit biru ke seluruh wilayah di Indonesia, serta tetap memberikan promo promo menarik agar semakin memikat konsumen.

    Pemerintah, saran Mamit, perlu mendukung program langit biru. Apalagi perseroan berkomitmen untuk mengurangi emisi gas buang tidak ramah lingkungan seperti tercantum pada perjanjian Paris Agreement.

    "Sesuai dengan Permen KLHK Nomor 20 tahun 2017, yang diatur untuk menggunakan BBM minimal RON 91," kata dia.

    Adapun dalam dua bulan terakhir, proporsi  konsumsi BBM ramah lingkungan (pertalite, pertamax, dan pertamax turbo) di Kendari naik menjadi 91,7 persen. Sebaliknya,  proporsi konsumsi premium menurun dengan persentase hanya 8,3 persen dari sebelumnya sekitar 27 persen.

    Sementara di Kota Makassar, konsumsi BBM yang lebih ramah lingkungan juga meningkat dengan proporsi 88,1 persen, dari total BBM jenis gasoline yang dikonsumsi oleh pengguna kendaraan.
     



    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id