Ikut Festival Belanja Daring, Pesanan UMKM Melonjak hingga 6 Kali Lipat

    Ade Hapsari Lestarini - 11 September 2021 12:52 WIB
    Ikut Festival Belanja Daring, Pesanan UMKM Melonjak hingga 6 Kali Lipat
    Foto: Grafis Medcom.id



    Jakarta: Festival belanja daring terbesar pada September 2021 mencatat adanya peningkatan hingga enam kali lipat terhadap produk pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia.

    Raihan itu menjadi penyemangat baru para pelaku usaha lokal yang tentunya mengalami kesulitan selama pandemi covid-19. Serta memberikan tanda baik bahwa UMKM Tanah Air mulai bangkit memperbaiki roda perekonomian.

     



    "Tahun ini antusiasme gelaran Shopee 9.9 Super Shopping Day sangat tinggi. Dengan situasi masyarakat masih dihadapkan dengan pandemi yang tengah berlangsung, Shopee menyadari perannya sebagai perpanjangan tangan untuk memenuhi kebutuhan seluruh ekosistem Shopee," ujar Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja dalam keterangan resminya, Sabtu, 11 September 2021.

    Menurut dia, kampanye ini menjadi wadah yang menghadirkan ragam pilihan produk serta hiburan menarik, guna menciptakan pengalaman belanja online yang nyaman tanpa harus keluar rumah.

    "Shopee berupaya mengambil bagian dalam perkembangan bisnis para pelaku usaha lokal serta mitra brand. Kami berharap hal ini dapat menciptakan peluang baru untuk para pelaku usaha serta memberikan kebahagiaan bagi para pengguna dengan pengalaman belanja yang dipersonalisasi, menarik dan sosial," tambah dia.

    Performa UMKM pada puncak 9.9 Super Shopping Day di Indonesia 9.9 Super Shopping Day terselenggara sukses di Indonesia dan mencatatkan animo belanja yang tinggi dari masyarakat. Dengan memanfaatkan ekosistem Shopee yang terintegrasi dan dukungan pemasaran yang
    baik, para pelaku UMKM terus menunjukkan potensi pertumbuhan yang kuat.

    Beberapa fakta menarik ditemukan dari pasar UMKM selama gelaran Shopee 9.9 Super Shopping Day berlangsung salah satunya produk kecantikan menjadi kategori favorit, menunjukkan adanya tren peningkatan penggunaan produk kecantikan lokal.

    "Beberapa produk yang menjadi primadona di antaranya toner wajah, masker rambut, hingga tabir surya buatan anak bangsa dengan cepat terjual dan bisa memenuhi kebutuhan perawatan kulit dan wajah pelanggan," ungkapnya.

    Selanjutnya permintaan tinggi akan produk UMKM lainnya datang dari kategori perlengkapan rumah. Mulai dari wajan hingga kotak penyimpanan sepatu menjadi produk yang paling digemari.

    Sementara itu, kategori kuliner pun tak kalah ramainya, Shopee mencatat ada tiga produk yang paling dicari mulai dari baso aci, mi goreng, hingga cimol yang dikemas secara instan menjadi produk favorit yang bisa memuaskan lidah pembeli dengan cita rasa tradisional.

    Fakta menarik lainnya juga didapatkan dari sisi ekonomi digital, dengan kemudahan pembayaran digital yang diberikan Shopee lewat dompet digitalnya yaitu Shopeepay terdapat peningkatan pada transaksi menggunakan dompet digital itu.

    "Ada lebih banyak toko-toko offline yang ikut menggunakan dompet digital ShopeePay sebagai metode pembayaran agar bisa memberikan pengalaman transaksi yang mudah dan aman, ada peningkatan sebesar enam kali lipat dari tahun lalu untuk pengguna yang melakukan pembayaran di toko offline menggunakan Shopeepay," pungkasnya.

    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id