Pemerintah Siapkan Bantuan Modal untuk Usaha Informal

    Suci Sedya Utami - 10 Juli 2020 20:46 WIB
    Pemerintah Siapkan Bantuan Modal untuk Usaha Informal
    Foto: dok MI.
    Jakarta: Pemerintah tengah menyiapkan bantuan modal kerja untuk usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang berada pada kategori ultra mikro yang juga terkena dampak pandemi covid-19.

    "Pemerintah sedang coba menyiapkan dana untuk bantuan modal kerja, bantuan dana segar tapi mungkin enggak banyak karena sasarannya ultra mikro dan mikro, mungkin 2,4 juta," kata Asisten Deputi Permodalan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Fixy dalam webinar, Jumat, 10 Juli 2020.

    Fixy mengatakan usaha ultra mikro tidak mendapatkan akses bantuan yang telah pemerintah siapkan dalam menanggulangi wabah covid-19 untuk UMKM. Sebab ia bilang usaha ultra mikro selama ini tidak terdata dan bersifat informal.

    Usaha ultra mikron pada umumnya tidak mengakses pinjaman dari lembaga pembiayaan formal seperti perbankan atau koperasi. Ia mengatakan kategori usaha ini karena masih dalam taraf baru memulai bisnis biasanya menggunakan dana pribadi sebagai modal, akibatnya usahanya tidak tercatat.

    "Pokoknya enggak mau ngutang kalau ultra mikro dan mikro. Tapi sayangnya karena mereka berada di luar sistem lembaga pembiayaan, mereka enggak kena bantuan yang dianggaran misal untuk subsidi bunga," ujar Fixy.

    Padahal, pemerintah telah mengalokasikan sebesar Rp123,46 triliun untuk bantuan bagi UMKM dari total anggaran Rp695 triliun yang disiapkan untuk pemulihan ekonomi nasional (PEN) akibat pandemi covid-19 di Tanah Air. Oleh karenanya, ia menambahkan hal ini yang coba sedang dirumuskan pemerintah agar kategori ultra mikro bisa mendapatkan akses bantuan juga.

    "Ini yang kita coba rumuskan untuk teman-teman kita ultra mikro dan mikro agar mereka mendapatkan akses untuk menjalankan usahanya," jelas Fixy.

    (AHL)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id