Swasta Kembali Bantu Penanganan Covid-19 di Jabar

    Eko Nordiansyah - 05 September 2020 17:00 WIB
    Swasta Kembali Bantu Penanganan Covid-19 di Jabar
    PT HM Sampoerna Tbk (Sampoerna) menyerahkan bantuan PCR - - Foto: Istimewa
    Jakarta: PT HM Sampoerna Tbk (Sampoerna) menyerahkan bantuan berupa mesin berteknologi reaksi rantai polimerase atau PCR beserta kelengkapannya di Provinsi Jawa Barat dan Kabupaten Karawang. Bantuan tersebut akan mempercepat proses penanganan pandemi covid-19.
     
    Direktur Sampoerna Elvira Lianita menyebutkan mesin PCR yang didedikasikan kepada para tenaga medis dan warga Jabar mampu memeriksa lebih dari 60 spesimen covid-19 per jam. Bantuan ini merupakan komitmen Sampoerna sebagai salah satu warga usaha di Jabar, dalam mengurangi penyebaran covid-19.
     
    "Kami berharap bantuan ini dapat turut mempercepat pemeriksaan sampel usap terhadap warga Jabar. Dengan demikian, warga yang tidak terpapar covid-19 dapat segera beraktivitas kembali," ujar Elvira dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Sabtu, 5 September 2020.

    Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyebut bantuan Sampoerna yang disalurkan melalui Yayasan STAPA Center, merupakan wujud bela negara. Ridwan pun mengapresiasi bantuan bagi warga Jabar tersebut.

    "Atas nama Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat dan seluruh masyarakat Jawa Barat, saya ucapkan terima kasih dan saya doakan bisnis bapak/ibu diberikan kelancaran dan kesuksesan. Tetap produktif walau harus beradaptasi dengan protokol kesehatan," kata dia.

    Sementara itu, Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana mengatakan, bantuan mesin PCR ini sangat dibutuhkan oleh para tenaga medis dan warga Karawang. Ia berharap kebaikan yang dilakukan Sampoerna bisa menular ke pihak lain, untuk turut serta melakukan hal yang sama.
     
    Sampoerna telah menyerahkan tujuh mesin PCR beserta kelengkapannya selama Agustus-September 2020. Bantuan sebelumnya diberikan kepada Pemerintah Kabupaten Pasuruan, Pemerintah Kota Malang, Pemerintah Kota Surabaya, Pemerintah Provinsi Jawa Timur, dan Institute of Tropical Disease Universitas Airlangga Surabaya.

    "Sampoerna percaya, setiap kontribusi akan memberikan dampak nyata terhadap upaya seluruh pihak dalam menekan laju angka penyebaran covid-19 di Indonesia. Oleh karena itu, kami akan terus berperan aktif mendukung pemerintah sekaligus memberikan yang terbaik untuk masyarakat melalui inisiatif berkelanjutan perusahan," jelas Elvira.

    Elvira menambahkan, Sampoerna secara konsisten turut mensosialisasikan serta memastikan fasilitas produksinya menerapkan kebiasaan baru, mulai dari metode jaga jarak secara ketat, mendesain ulang area produksi menjadi sistem unit kecil berkapasitas maksimal 40 karyawan sehingga mempermudah pelacakan ketika diperlukan, serta mewajibkan karyawan mengganti masker setiap empat jam sekali.

    Tak hanya itu, Sampoerna juga menyediakan hand sanitizer di setiap sudut fasilitas produksi. Sampoerna juga menyediakan vitamin/susu/makanan sehat, serta memberikan hand sanitizer dan masker yang dapat digunakan di luar pabrik, sehingga para pekerja dapat tetap menerapkan pola hidup sehat di luar pabrik.

    (Des)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id