Pemerintah Optimistis Swasembada Garam Bisa Tercapai

    Eko Nordiansyah - 31 Mei 2020 18:55 WIB
    Pemerintah Optimistis Swasembada Garam Bisa Tercapai
    Hasil Garam. Foto : MI/Gino F Hadi.
    Jakarta: Pemerintah mengaku optimistis swasembada garam melalui produksi nasional bisa dicapai. Meskipun kebutuhan garam nasional pada tahun ini diprediksi mengalami kenaikan dari tiga sampai 4,2 juta ton menjadi 4,5 juta ton.

    "Kalau kita bicara swasembada, kita sudah swasembada, kita sudah capai target," kata Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Maritim Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Safri Burhanuddin dalam video conference di Jakarta, Minggu, 31 Mei 2020.

    Dirinya menambahkan, saat ini produksi garam nasional telah mencapai 3,5 juta ton. Sementara untuk jumlah lahan produktif, Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi mencatat telah mencapai 30 ribu hektare, meningkat dari sebelumnya 25 ribu hektare.

    "Hanya saja sekarang kebutuhan produksinya meningkat. Sekarang kebutuhannya 4,5 juta ton. Ini kan menarik, karena kita bicara kebutuhan waktu itu tiga juta ton, kita sudah bisa produksi 3,5 juta ton," jelasnya.

    Pemerintah akan mendorong BUMN, PT Garam (Persero) untuk mendukung kebutuhan garam nasional. Namun PT Garam diminta untuk menggunakan teknik tradisional sehingga bisa menghasilkan produksi garam dengan cara yang lebih modern.

    "PT Garam sudah lebih dari 75 tahun berproduksi dan kami sampaikan, penggaraman jangan lagi dilakukan dengan cara tradisional. Kalau dengan cara tradisional, gram yang dihasilkan hanya bisa menghasilkan 50 ton sampai 60 ton per hektare," ungkapnya.

    "Padahal kalau bisa intensif, PT Garam itu bisa menghasilkan 100 ton sampai 150 ton per hektare. Kalau kita punya 30 ribu hektare, kita bisa hasilkan 100 sampai 150 ton per hektare, dan harusnya kita bisa swasembada," lanjut dia.



    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id