Setoran Dividen BUMN Tahun Depan hanya Rp10 Triliun

    Suci Sedya Utami - 03 Juli 2020 17:06 WIB
    Setoran Dividen BUMN Tahun Depan hanya Rp10 Triliun
    Ilustrasi perusahaan BUMN - - Foto: Antara/ Wahyu Putro
    Jakarta: Menteri BUMN Erick Thohir menyebut setoran dividen perusahaan pelat merah tahun depan hanya sebesar 25 persen dari pembagian tahun ini. Bagi hasil ke negara tersebut diperkirakan tak lebih dari Rp10 triliun.

    "Kira-kira kurang lebih Rp10 triliun hingga Rp15 triliun. Padahal targetnya di atas Rp43 triliun," kata Erick dalam webinar, Kamis malam, 2 Juli 2020.

    Erick menjelaskan penurunan dividen ini lantaran pandemi covid-19 membuat 90 persen perusahaan BUMN mengalami tekanan keuangan. Sebelum pandemi, ia menargetkan setoran dividen tahun depan sebesar Rp48 triliun-Rp49 triliun atau naik dari target tahun lalu.


    "2021 dividen jebol karena 90 persennya terkena covid-19. Yang tadinya saya optimistis di 2021 bisa meningkat," tutur dia.

    Ia mencontohkan Angkasa Pura diperkirakan masih bisa meraup untung hingga akhir tahun. Namun keuntungan tersebut akan digunakan untuk menjaga arus kas (cash flow) perusahaan, terutama untuk membayar gaji pegawai.

    "Begitu juga dengan KAI yang punya 2,5 triliun tapi hari ini 90 penurunan penurunan income. Kita jaga supaya sustain, jadi keuntungannya tidak didividenkan karena harus jaga cash flow sampai tahun depan," jelas dia.

    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id