Operasi Pasar, Mendag Pastikan Harga Gula Turun

    Eko Nordiansyah - 29 April 2020 16:10 WIB
    Operasi Pasar, Mendag Pastikan Harga Gula Turun
    Mendag Agus Suparmanto pastikan harga gula turun. Foto: Istimewa
    Jakarta: Kementerian Perdagangan (Kemendag) menugaskan sejumlah perusahaan dalam Asosiasi Gula Rafinasi Indonesia (AGRI), salah satunya adalah PT Angels Products yang memasok delapan ton gula di Pasar Kramat Jati, Jakarta Timur. Operasi pasar dilakukan guna menekan kenaikan harga gula di pasar.

    Dalam sidaknya di Pasar Kramat Jati Jakarta Timur, Menteri Perdagangan Agus Suparmanto memastikan harga gula pasir turun dan tidak melebihi Harga Eceran Tertinggi (HET). Para pedagang mengaku sudah mendapatkan stok gula mencukupi dan harganya turun dari Rp18 ribu per kilogram (kg) menjadi Rp12.500 per kg.

    "Berdasarkan hasil pemantauan perkembangan stok dan harga rata-rata kebutuhan pokok seperti beras, gula pasir, minyak goreng, daging sapi, daging ayam, telur, cabai, bawang merah, dan bawang putih di pasar Kramat Jati pada minggu keempat April dapat dipastikan cukup dan harganya stabil," kata dia di Jakarta, Rabu, 29 April 2020.

    Untuk tahap awal, selain di Pasar Kramat Jati, operasi pasar di gelar di 12 pasar di seluruh DKI Jakarta, antara lain Pasar Jatinegara, Pasar Senen, Pasar Tomang Barat, dan Pasar Kebayoran Lama. Harga gula di sejumlah pasar tersebut telah stabil di harga Rp12.500/ kg.

    "Jumlah tersebut akan terus bertambah sesuai permintaan pasar," kata Bagian Pemasaran sekaligus Perwakilan PT. Angels Products Billy Huang.

    Operasi pasar ini disambut gembira, bukan saja oleh konsumen namun juga oleh para pedagang eceran. Para pedagang berharap pasokan gula yang tersedia tetap stabil sehingga harganya tetap bisa terjangkau.

    "Semoga pasokan stabil, supaya pedagang juga jelas mesti jual berapa. Terus-terang di toko saya juga masih ada gula yang harganya Rp17 ribu. Memang belinya juga mahal,” ujar salah pedagang Sarpon.

    Gula penugasan pemerintah secara bertahap mulai masuk di lebih dari 100 pasar tradisional di Jakarta. Pusat Koperasi Pasar (Puskopas) mengatakan bahwa anggota yang tersebar di pasar-pasar tradisional bisa dengan mudah membeli gula-gula yang dijual produsen gula rafinasi tersebut.

    Selain mengecek harga gula pasir, Mendag juga mengecek harga komoditas pangan lainnya seperti daging, beras, telur, bawang merah dan bawang putih. Sejumlah barang mengalami kenaikan namun tidak terlalu signifikan kecuali bawang merah.
     

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id