PSBB Jakarta Tak Berdampak Signifikan terhadap Perekonomian

    Annisa ayu artanti - 16 September 2020 17:25 WIB
    PSBB Jakarta Tak Berdampak Signifikan terhadap Perekonomian
    Pengetatan PSBB di Jakarta tak pengaruhi ekonomi. Foto: Dok.MI
    Jakarta: Satgas Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) menilai dampak pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) jilid kedua di Jakarta tidak berdampak signifikan terhadap perekonomian.

    Ketua Satgas PEN Budi Gunadi Sadikin mengatakan demikian lantaran pelaku pasar tidak terlalu melihat PSBB sebagai sentimen negatif. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sebagai acuan pelaku pasar tetap bertahan di level 5.000.

    "Memang PSBB dampaknya kita lihat ada. Namun yang menggembirakan, dalam waktu singkat sentimen pelaku pasar bisa kembali," kata Budi dalam konferensi pers virtual, Rabu, 16 Agustus 2020.

    Budi menyampaikan dengan kondisi tersebut diharapkan kedepannya kondisi ekonomi akan beranjak pulih.

    "Kalau saya lihat IHSG sudah kembali di atas 5.000 dalam beberapa hari terakhir dan saya harapkan kedepannya akan terus membaik," ucapnya.

    Dalam menjaga perekonomian, Budi menuturkan tim satgas terus merealisasikan anggaran-anggaran yang direncanakan untuk disalurkan pemerintah.

    Tercatat, realisasi anggaran untuk program PEN sampai 14 September 2020 sudah mencapai Rp204,97 triliun. Capaian anggaran tersebut sudah naik sekitar 30 persen dari posisi akhir Juli sekitar Rp140,4 triliun.

    Adapun empat klaster yang menjadi tanggung jawab satgas adalah perlindungan sosial, sektoral kementerian/lembaga dan pemerintah daerah, dukungan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), serta pembiayaan korporasi.

    "Terkait anggaran pandemi, yang tadi disampaikan untuk kami di ekonomi adalah memastikan keluarga termiskin bisa hidup dengan normal dan pekerja UMKM bisa berusaha dengan normal," pungkasnya.

    (DEV)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id