comscore

Momentum Bonus Demografi, Bisa Berkah Bisa Juga Musibah

Annisa ayu artanti - 31 Maret 2022 12:41 WIB
Momentum Bonus Demografi, Bisa Berkah Bisa Juga Musibah
Ilustrasi penduduk usia produktif di Indonesia - - Foto: MI/ Fransisco Carolio
Jakarta: Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menyatakan bonus demografi yang akan diraih oleh Indonesia bisa menjadi berkah sekaligus musibah. Saat ini, 60 persen dari total penduduk Indonesia berada pada rentang usia produktif.
 
Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan Anwar Sanusi mengatakan penduduk usia produktif merupakan penduduk yang masuk dalam rentang usia antara 15 hingga 64 tahun.

"Ketenagakerjaan kita ada dalam momentum waktu yang di sini ada peluang dan tantangan sekaligus. Peluang, kita ada di dalam momentum waktu yang disebut dengan bonus demografi karena penduduk usia produktif kita luar biasa," ucap Anwar dikutip dalam keterangan tertulis, Kamis, 31 Maret 2022.
Menurutnya, penduduk dengan usia produktif harus dikelola dengan cara mendorong SDM agar memiliki kompetensi dan keterampilan yang berdaya saing. Jika tidak maka akan menjadi beban negara di kemudian hari.

"Tapi tantangan kita kurang lebih sangat luar biasa. Penduduk usia produktif kalau tidak kita kelola dan kita berikan kapasitas yang cukup pengetahuannya, itu saya yakin mereka bukan menjadi semacam berkah, tapi bisa menjadi semacam musibah karena tidak memiliki keterampilan dan pengetahuan yang cukup, sementara pekerjaan yang ada sangat terbatas," terang dia.

Untuk mencegah musibah demografi, Kemnaker terus meningkatkan kompetensi calon atau pencari kerja melalui berbagai macam pelatihan vokasi, baik yang diselenggarakan pemerintah maupun swasta. 


(Des)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id