comscore

2022, PIP Bidik Penyaluran Pembiayaan UMi untuk 2 Juta Pelaku Usaha

Eko Nordiansyah - 16 Januari 2022 19:00 WIB
2022, PIP Bidik Penyaluran Pembiayaan UMi untuk 2 Juta Pelaku Usaha
Ilustrasi penyaluran kredit - - Foto: dok MI
Jakarta: Pusat Investasi Pemerintah (PIP) menargetkan penyaluran pembiayaan akan menjangkau dua juta pelaku usaha ultra mikro (UMi) tahun ini. Hingga 2021, PIP telah menyalurkan Rp18,07 triliun pembiayaan UMi kepada lebih dari 5,39 juta orang debitur, yang tersebar di 34 provinsi di seluruh Indonesia.
 
Direktur Utama PIP Ririn Kadariyah menyampaikan khusus provinsi Bali, penyaluran UMi dilakukan PIP melalui PT Permodalan Nasional Madani (PNM), PT Pegadaian, Koperasi Krama Bali, dan Koperasi UGT Nusantara, telah menjangkau 15.899 orang dengan nilai mencapai Rp65,59 miliar. 
 
"Hal itu merupakan wujud dari komitmen kami untuk memajukan dan meningkatkan kualitas dan nilai usaha para pelaku usaha ultra mikro. Kami ingin mendorong mereka agar maju dan naik kelas sehingga bisa memberikan manfaat bagi lingkungan mereka," kata dia dalam keterangan tertulis, Minggu, 16 Januari 2022.
 
Pusat Investasi Pemerintah (PIP) menyelenggarakan 'Gebyar UMKM' yang menghadirkan 12 pelaku UMKM. Kegiatan ini menjadi bagian dari Leaders Offsite Meeting (LOM) Kementerian Keuangan, yang salah satu agenda-nya adalah penyusunan kebijakan strategis dalam rangka mendukung pengembangan UMKM. 
 
Pada acara ini UMKM yang dihadirkan mayoritas adalah pelaku usaha ultra mikro penerima pembiayaan Ultra Mikro (UMi) yang disalurkan oleh Pusat Investasi Pemerintah melalui penyalur Koperasi Krama Bali. Selain penerima UMi, kegiatan ini juga menghadirkan pelaku UMKM binaan instansi vertikal Kementerian Keuangan, sebagai wujud konkrit 'Kemenkeu-Satu'
 
Ririn menambahkan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya promosi produk UMKM ini, khususnya di provinsi Bali yang masih merasakan dampak pandemi covid-19. Melalui kegiatan ini diharapkan semakin banyak masyarakat yang mengenal produk UMKM, sehingga pada gilirannya dapat meningkatkan omzet usaha pelaku UMKM. 
 
Selain itu, ia menyebut, dengan mempertemukan para pelaku UMKM dari berbagai segmen dan dengan beragam produk, diharapkan akan terbuka peluang baru dalam bentuk rantai pasok antar pelaku UMKM, dan lebih jauh bisa menembus pasar ekspor. 
 
"Pusat Investasi Pemerintah akan terus menyediakan layanan pinjaman yang mudah dan cepat bagi pelaku usaha ultra mikro, tidak hanya di Bali, tetapi juga di seluruh Indonesia," ungkapnya.
 
Selain kegiatan promosi produk, PIP juga telah dan akan secara kontinyu memberikan pelatihan dan pendampingan bagi pelaku usaha ultra mikro, agar bisa meningkatkan kualitas produk dan kapasitas usaha, melengkapi perizinan produk, menyusun pembukuan usaha, pemasaran produk secara online dan lain-lain. 
 
"Upaya-upaya tersebut diharapkan akan meningkatkan kesempatan pelaku usaha ultra mikro agar bisa 'naik kelas', dalam artian meningkat kesejahteraan keluarga, bahkan bisa membuka kesempatan kerja bagi anggota keluarga atau komunitas sekitarnya. Hal ini sejalan dengan misi PIP untuk menjadi koordinator pendanaan pembiayaan ultra mikro yang profesional dan kredibel," pungkas dia.

(Des)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id