comscore

Pemerintah Terapkan PPKM Level 3, Ini Respons Tokopedia

Angga Bratadharma - 09 Februari 2022 09:23 WIB
Pemerintah Terapkan PPKM Level 3, Ini Respons Tokopedia
Ilustrasi. FOTO: Tokopedia
Jakarta: External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya mengaku belum bisa menjabarkan secara rinci mengenai dampak penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 terhadap transaksi di Tokopedia. Adapun pemerintah menerapkan kebijakan itu seiring kembali melonjaknya covid-19 di Tanah Air.

"Karena PPKM pengumumannya baru dikeluarkan jadi kami belum bisa sampaikan (seperti apa dampak terhadap transaksi di Tokopedia)," kata Ekhel, menjawab pertanyaan Medcom.id, dalam Virtual Media Gathering Hari Pers Nasional: Self-Healing Lewat Berkarya Bareng Tokopedia, Selasa, 8 Februari 2022.
Di sisi lain, Psikolog Indah Sundari mengatakan, keluhan psikosomatis adalah contoh tantangan mental yang meningkat secara signifikan selama pandemi. "Artinya, seseorang bisa merasa sakit secara fisik tetapi tidak terdapat gejala fisik. Hal ini biasanya disebabkan oleh stres, panik, ataupun cemas. Burnout juga menjadi tantangan mental lainnya," jelasnya.

Keadaan ini mendorong masyarakat mencari berbagai kegiatan untuk mengisi waktu luang di rumah. Contohnya berolahraga atau melakukan hobi. "Tren tersebut menyebabkan kategori Olahraga dan Hobi menjadi salah satu kategori paling populer di Tokopedia sepanjang 2021," kata Ekhel.

Sementara itu, Menteri Koordinator bidang Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, mengumumkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Jabodetabek, Bandung Raya, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), hingga Bali naik ke level 3. Peningkatan menyusul terus melonjaknya kasus covid-19 varian Omicron di Tanah Air.


Pemerintah menyesuaikan PPKM Level 3 dengan pengetatan yang lebih terarah. Hal ini guna melindungi lanjut usia, orang dengan penyakit penyerta, dan orang yang belum divaksin. "Keputusan lebih detail dapat dilihat di Inmendagri (instruksi Menteri Dalam Negeri) yang keluar hari ini," tutur Luhut.

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) menilai penerapan PPKM level 3 di Jabodetabek, Bandung Raya, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dan Bali akan menghambat laju pertumbuhan ekonomi di kuartal pertama tahun ini.
 
Alasannya pembatasan aktivitas di berbagai sektor usaha, seperti jam operasional sampai pukul 21.00 dengan jumlah pengunjung maksimal 50 persen di pusat perbelanjaan, mal, supermarket, dan pasar swalayan.
 
Begitu juga di restoran atau rumah makan baik di dalam gedung maupun area terbuka dengan kapasitas pengunjung 50 persen dengan batas jam operasional pukul 21.00 WIB. Sedangkan, fasilitas umum seperti pusat wisata dan taman umum ditutup, termasuk transportasi umum kapasitas maksimal 70 persen.

"Dengan diberlakukan kembali PPKM level 3, maka akan sangat berpotensi menghambat pertumbuhan ekonomi kita di kuartal I-2022," kata Wakil Ketua Umum Bidang Pengembangan Otonomi Daerah Kadin Sarman Simanjorang.


(ABD)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id