comscore

Dorong Kendaraan Listrik, Diskon PPnBM untuk Mobil Tak Diperpanjang?

Eko Nordiansyah - 12 Januari 2022 18:26 WIB
Dorong Kendaraan Listrik, Diskon PPnBM untuk Mobil Tak Diperpanjang?
Ilustrasi mobil listrik - - Foto: MI/ Ramdani
Jakarta: Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memberikan sinyal tidak akan memperpanjang pemberian insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) untuk industri otomotif. Hingga saat ini keberlanjutan diskon pajak mobil ini masih belum diputuskan, meski ada permintaan dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

"Untuk PPnBM (mobil) ke depan apakah kita akan perpanjang? Ini masih terus kita kaji," kata Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kemenkeu Febrio Kacaribu dalam video conference, Rabu, 12 Januari 2022.
Ia menambahkan pemberian insentif pajak mobil berdampak cukup besar terhadap perekonomian. Tercatat, program tersebut mampu mendorong pertumbuhan penjualan mobil yang memiliki multiplier efek, sehingga mampu menggerakkan ekonomi nasional.

Namun begitu, Febrio menyebut pemerintah telah memberikan insentif kepada mobil listrik yang beremisi rendah. Artinya pemerintah Ingin mendorong demand kendaraan listrik lebih banyak, sehingga kemungkinan dari diskon PPnBM untuk mobil berbahan bakar minyak (BBM) tidak akan diperpanjang tahun ini.

"Ini yang harus kita jaga konsistensinya, jangan tiba-tiba kita sudah punya kebijakan yang jelas tapi ketika perekonomiannya sudah pulih kan yang kita harapkan adalah datangnya investasi untuk transformasi ekonomi juga," ungkapnya.

Namun begitu, pemerintah tetap akan mempertimbangkan berbagai hal sebelum memutuskan keberlanjutan dari insentif PPnBM mobil ini. Saat ini pembicaraan masih dilakukan antarkementerian/lembaga lain karena kebijakan tersebut juga memerlukan keputusan bersama.

"Itu menjadi pertimbangan yang cukup serius juga bagi kita. Akan tetapi kita coba pelajari bagaimana dampaknya karena kita tahu dampaknya juga positif. Ini masih terus kita kaji bersama-sama dengan kementerian/lembaga lainnya," pungkas dia.


(Des)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id