comscore

Menteri PUPR Harap Kerja Sama dari Belanda untuk Kembangkan Kota Tangguh Bencana

Antara - 04 Juni 2022 16:07 WIB
Menteri PUPR Harap Kerja Sama dari Belanda untuk Kembangkan Kota Tangguh Bencana
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. FOTO: Setkab
Jakarta: Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengharapkan teknologi dan pengalaman Belanda untuk membantu Indonesia dalam mengembangkan kota tangguh bencana dan mengelola sumber daya air secara terpadu dan cerdas.

Basuki menyatakan, ia dan Menteri Infrastruktur dan Sumber Daya Air Kerajaan Belanda Mark Harbers telah menekan nota kesepahaman untuk kerja sama sumber daya air tahap 5. Kesepakatan antara dua kolega tersebut dilakukan di Den Haag, Belanda.
"Saya menantikan kehadiran teknologi dan pengalaman Belanda untuk pengembangan kota tangguh bencana, pengelolaan air terpadu dan cerdas, tata kelola air, dan pembangunan dataran rendah," kata Basuki, dilansir dari Antara, Sabtu, 4 Juni 2022.

Kerja sama Indonesia dengan Belanda di bidang sumber daya air, kata Basuki, telah berjalan sejak 2000 dan terus berjalan semakin kuat untuk mendukung pengelolaan sumber daya air sebagai prioritas yang tercantum dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 dan Proyek Strategis Nasional (PSN).

Basuki juga mengundang Harbers untuk hadir pada World Water Forum (WWF) 2024 di Bali. WWF atau Forum Air Dunia yang mengusung tema 'Water for Shared Prosperity' menjadi momentum yang tepat untuk mengakselerasi pencapaian Sasaran Pembangunan Berkelanjutan di bidang keairan.

Selain itu, untuk menjawab berbagai tantangan terkait ketahanan pangan termasuk pemanfaatan lahan rawa di luar Pulau Jawa, ketahanan energi, dan ketahanan iklim. Ia juga mengharapkan dukungan Belanda untuk menyediakan instruktur pendidikan vokasional di Politeknik Pekerjaan Umum di Semarang.

"Saya ingin para pelajar dapat menguasai keahlian spesifik yang bersifat praktikal dan siap memasuki dunia kerja," pungkas Basuki.

(ABD)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id