Tingkatkan Kualitas, Sektor Peternakan Harus Terus Didukung

    Angga Bratadharma - 14 Juni 2021 15:35 WIB
    Tingkatkan Kualitas, Sektor Peternakan Harus Terus Didukung
    Ilustrasi. FOTO: Media Indonesia



    Kutai Kartanegara: Pemerintah terus memberi dukungan terhadap sektor peternakan dan perkebunan dengan harapan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat di tengah pandemi covid-19 yang belum berakhir. Dukungan tersebut juga penting guna mewujudkan ketahanan pangan di Tanah Air.

    Hal itu yang membuat Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor melakukan kunjungan ke mini ranch Jayatama atau kandang penggembalaan mini yang berlokasi di Desa Jonggon Jaya, Kecamatan Loa Kulu, Kutai Kartanegara (Kukar), Provinsi Kalimantan Timur. Kunjungan ini dalam rangka mendukung sektor peternakan di Tanah Air.

     



    Kunjungan yang dilakukan Isran Noor dalam rangkaian program kunjungan kerja yang didampingi oleh Bupati Kukar Edi Damansyah, Kepala Dinas Peternakan dan Pertanian Provinsi Kalimantan Timur Munawwar, dan pejabat setempat.

    Adapun mini ranch Jayatama merupakan hasil upaya Yayasan Life After Mine (YLAM) pemrakarsa program yang disponsori oleh PT Multi Harapan Utama (MHU) untuk melakukan kegiatan pemanfaatan lahan usai tambang di kawasan Kutai Kartanegara. Fasilitas mini ranch Jayatama dikelola oleh PT Bramasta Sakti, dengan tujuan menekan angka kematian pedet.

    Langkah itu dilakukan agar dapat meningkatkan populasi sapi yang berkualitas. Hal ini dibuktikan dengan lahirnya 10 ekor pedet selama kurang dari tiga bulan fasilitas mini ranch Jayatama dibangun.  

    "Ini merupakan program kemitraan yang dilaksanakan bersama dengan kelompok peternak di sekitar kawasan Desa Jonggon, para peternak sapi menitipkan ternaknya di fasilitas kami dan nantinya dapat menikmati hasilnya bersama," kata Pembina Yayasan Life After Mine Andrew Hidayat, dalam keterangan tertulisnya, Senin, 14 Juni 2021.

    Gubernur Isran yang didampingi Andrew Hidayat juga meninjau langsung pelayanan inseminasi buatan dan vaksinasi hewan ternak yang ada di kawasan mini ranch oleh tenaga ahli dari Cattle Buffalo Club (CBC). Tim CBC merupakan tenaga ahli yang terafiliasi dengan Universitas Padjajaran (UNPAD) dan Dinas Peternakan dan Pertanian.

    Di sisi lain, Ketua Umum Intani Guntur Subagja Mahardika mengaku siap berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Banten untuk membangun kemandirian pertanian, peternakan, dan perikanan Banten. Ia menyebut, kebutuhan pangan yang cukup besar bisa dipenuhi oleh petani Banten.

    "Saat ini ada permintaan sapi untuk Rumah Pemotongan Hewan (RPH) di Jakarta dan sekitarnya semoga bisa disuplai oleh peternak Banten. Kami sudah bekerja sama dengan Pesantren di Banten beternak dan penggemukan sapi," pungkasnya.

    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id