Ingat! Penerima Vaksin Mandiri Tak Dipungut Biaya

    Suci Sedya Utami - 26 Februari 2021 20:43 WIB
    Ingat! Penerima Vaksin Mandiri Tak Dipungut Biaya
    Ilustrasi biaya vaksinasi mandiri ditanggung perusahaan - - Foto: dok AFP



    Jakarta: Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memastikan penerima vaksin dalam program vaksinasi gotong royong tidak akan dikenakan biaya. Artinya biaya vaksinasi mandiri ditanggung oleh masing-masing perusahaan.

    "Seluruh penerima vaksin gotong royong tidak akan dipungut biaya apapun atau dalam hal ini tidak perlu ada pembayaran, dan diberikan secara gratis oleh perusahaan yang melakukan vaksinasi gotong royong," kata juru bicara Kemenkes Siti Nadia Tarmizi dalam konferensi pers, Jumat, 26 Februari 2021.






    Adapun pengadaan vaksin mandiri menjadi ranah Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan PT Bio Farma (Persero). Terkait besaran tarif maksimal terkait pelayanan vaksinasi mandiri ditetapkan oleh Kemenkes.

    "Biaya pelayanan vaksinasi gotong-royong yang dilakukan fasilitas pelayanan kesehatan milik masyarakat atau swasta tidak boleh melebihi target maksimal yang ditetapkan Kemenkes," ucap dia.

    Nadia mengatakan perusahaan yang akan melakukan vaksinasi mandiri harus melaporkan jumlah karyawan-karyawati atau keluarga para pekerja yang ingin diikutsertakan dalam program vaksinasi tersebut pada Kemenkes.

    Sebelumnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan sebanyak 6.644 perusahaan telah mendaftar untuk melakukan vaksinasi mandiri. Kebutuhan untuk vaksin mandiri sekitar 7,5 juta dosis.

    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id