Surplus Neraca Perdagangan Maret Cerminan Ekonomi RI Pulih

    Annisa ayu artanti - 17 April 2021 12:00 WIB
    Surplus Neraca Perdagangan Maret Cerminan Ekonomi RI Pulih
    Ilustrasi ekonomi Indonesia mulai pulih - - Foto: dok MI



    Jakarta: Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi menyampaikan bahwa neraca perdagangan Indonesia pada Maret 2021 yang mengalami surplus sebesar USD1,57 miliar. Hal tersebut mengindikasikan bahwa pertumbuhan ekonomi RI pulih.

    "Ekspor nonmigas kita pada Maret 2021 merupakan yang tertinggi sepanjang sejarah. Ini menunjukkan pertumbuhan ekonomi yang sehat. Maret menjadi momentum landasan pacu ekonomi Indonesia," kata Mendag pada konferensi pers secara virtual di Jakarta, Jumat, 16 April 2021.






    Lutfi mengungkapkan struktur ekspor Indonesia sudah didominasi oleh sektor industri, dengan ekspor yang mencapai 80,84 persen dari total ekspor RI. Tiga komoditas ekspor yang mendongkrak kinerja ekspor nonmigas. Di antaranya ekspor besi baja yang tumbuh 60,67 persen pada Januari-Maret 2021 dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.


    Kemudian ekspor Crude Palm Oil (CPO) yang tumbuh 60,67 persen pada Januari-Maret 2021 dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Terakhir ekspor otomotif yang menempati lima ekspor terbesar, meningkat 15,48 persen pada triwulan I-2021 dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

    “Jadi Indonesia ini sudah menjual barang-barang industri,” ungkap Mendag.

    Badan Pusat Statistik (BPS) sebelumnya mencatat neraca perdagangan RI mengalami surplus USD1,57 miliar pada Maret 2021 dengan total nilai ekspor USD18,35 miliar dan impor USD16,79 miliar.

    Nilai ekspor meningkat 30,47 persen yang terjadi karena peningkatan ekspor yang tinggi baik karena sektor pertanian, industri, maupun sektor tambang. Sementara impornya juga naik tinggi, yakni 25,73 persen karena adanya kenaikan impor baik untuk barang konsumsi, barang penolong maupun barang modal.

    Adapun nilai ekspor Indonesia mencapai USD18,35 miliar atau tertinggi sejak Agustus 2011 yang kala itu angka ekspornya mencapai USD18,64 miliar. Meningkatnya permintaan dari berbagai negara diiringi kenaikan berbagai komoditas andalan Indonesia disebut berpengaruh besar terhadap performa ekspor Indonesia pada Maret 2021.

    Ekspor RI pada Maret 2021 sebesar USD18,35 miliar mengalami peningkatan 20,31 persen jika dibandingkan dengan Februari 2021 dan meningkat 30,47 persen jika dibandingkan Maret tahun sebelumnya.

    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id