comscore

Bakrie & Brothers Diberi Kesempatan Lanjutkan Proyek Pipa Transmisi Cisem

Suci Sedya Utami - 16 Maret 2021 13:52 WIB
Bakrie & Brothers Diberi Kesempatan Lanjutkan Proyek Pipa Transmisi Cisem
PT Bakrie & Brothers Tbk diberi kesempatan lanjutkan Proyek Pipa Transmisi Cisem. Foto: Medcom.id/Annisa Ayu
Jakarta: Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) memutuskan PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR) untuk melanjutkan pembangunan proyek pipa transmisi gas Cirebon-Semarang (Cisem) yang telah mangkrak selama lebih dari 14 tahun.

Kepala BPH Migas M Fanshurullah Asa menjelaskan, sesuai dengan aturan BPH Migas, setelah PT Rekayasa Industri (Rekind) mundur dari proyek tersebut, maka akan ditawarkan kepada pemenang kedua dan ketiga dalam lelang pada 2006. BNBR merupakan pemenang lelang kedua.
Pria yang akrab disapa Ifan itu mengatakan BNBR diberikan kesempatan selama sebulan terhitung sejak 15 Maret 2021 untuk menyampaikan performance bond proyek tersebut.

"Kalau dalam sebulan tidak ada performance bond itu selesai, 15 April 2021 kalau tidak ada itu otomatis gugur," kata Ifan dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi VII DPR RI, Selasa, 16 Maret 2021.

Ifan mengatakan apabila performance bond terpenuhi, maka BNBR harus merampungkan gas agreement untuk kepastian calon pengguna pipa gas pada Juni 2021.

Sementara itu apabila nantinya BNBR tidak dapat menyanggupinya, maka ruas tersebut akan ditawarkan kembali kepada pemenang lelang ketiga pada saat itu yakni PT Perusahaan Gas Negara Tbk atau PGN.

BPH Migas, lanjut Ifan, telah menyiapkan opsi lainnya apabila nantinya PGN tidak menyanggupi pembangunan proyek tersebut. BPH Migas akan melelang ulang ruas tersebut dengan asumsi yang baru.

"Kemudian lelang ulang, dan opsi lainnya adalah dikembalikan ke pemerintah," jelas dia.

(DEV)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id