Insentif untuk Blok Mahakam Diharapkan Bisa Pacu Produksi

    Suci Sedya Utami - 07 Januari 2021 21:18 WIB
    Insentif untuk Blok Mahakam Diharapkan Bisa Pacu Produksi
    Blok Mahakam. Foto : AFP.
    Jakarta: Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah menyetujui pemberian insentif pada PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM) untuk Blok Mahakam.

    "Dari sektor Kementerian ESDM sesuai peraturan yang ada sudah kita approve," kata Menteri ESDM Arifin Tasrif, Kamis, 7 Januari 2021.

    Arifin mengatakan insentif yang diberikan bukan hanya berasal dari Kementerian ESDM, namun juga dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Dirinya berharap dengan pemberian insentif akan bisa menggairahkan produksi migas di Blok Mahakam.

    "Kita harapkan dengan adanya insentif ini produksi bisa meningkat dan kemudian bagian pemerintah juga bisa meningkat," ujar Arifin.

    Deputi Operasi Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Julius Wiratno mengatakan dengan strategi kegiatan operasi yang masif dan agresif, telah terdapat persetujuan rencana optimasi pengeboran di Blok Mahakam yang dapat mendongkrak produksi migas.

    Sebelumnya diketahui Pertamina mengajukan insentif berupa penambahan split di Blok Mahakam untuk mengembangkan potensi cadangan. Direktur Pengembangan dan Produksi PT Pertamina Hulu Energi (PHE) Taufik Aditiyawarman mengatakan saat ini dua blok migas telah diajukan penambahan split yakni Sanga-Sanga dan Mahakam.

    "Saat ini PHE sedang melakukan review untuk  melakukan develop potensi cadangan atau unblock reserve pada beberapa blok, baik blok dengan kontrak Cost Recovery maupun Gross Split. Agar dapat di kembangkan potensi cadangannya, PHE memerlukan tambahan split," ujar Taufik.

    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id