Jaktent Week 2020 Berhasil Buka Kerja Sama Internasional

    Gervin Nathaniel Purba - 17 November 2020 21:59 WIB
    Jaktent Week 2020 Berhasil Buka Kerja Sama Internasional
    Suasana Jaktent Week 2020. (Foto: Dok. Jaktent Week 2020)
    Jakarta: Jakarta Content (Jaktent) Week 2020 berhasil membuka pintu kolaborasi bagi para pelaku konten. Terutama startup digital ke pasar internasional.

    Kerja sama tersebut terjalin melalui sejumlah program matchmaking yang mempertemukan para pelaku industri, salah satunya acara Litbeat-Translate! From German! Introduction to a new Forum for translators, dan Startitup! Networking and insights for startups from Asia Pacific and Germany: More networking and opportunities on the way.

    Kementerian Luar Negeri Jerman memberikan dukungan bagi terselenggaranya program-program lanjutan setelah acara Jaktent bagi para pelaku Start Up Digital Indonesia untuk menjalin kolaborasi dengan Jerman, dan program-program penerjemahan karya-karya sastra kedua negara bagi para penerbit Indonesia.

    Berlakunya program ini merupakan salah satu pencapaian target yang diharapkan Yayasan 17000 Pulau Imaji dan Frankfurt Book Fair dalam berkolaborasi menyelenggarakan Jaktent Week.

    "Festival ini memang kami harapkan sebagai awal terbukanya kesempatan bagi para pelaku industri kreatif dan berbagai konten IP untuk berjejaring dan mengembangkan bisnisnya. Dengan ukuran dari FBF dan Kemenlu Jerman serta Goethe Institut, harapan ini bisa kami wujudkan. Untuk itu kami sangat bersemangat untuk menyiapkan jejaring yang lebih luas di Jaktent tahun depan," ujar Ketua Yayasan 17000 Pulau Imaji Laura Bangun Prinsloo, dikutip keterangan tertulis, Selasa, 17 November 2020.

    Sementara itu, Vice President Frankfurt Book Fair Claudia Kaiser bersyukur kegiatan ini sukses dilaksanakan, meskipun banyak rintangan dihadapi akibat pandemi covid-19. Melihat kesuksesan ini, Claudia optimistis menatap penyelenggaraan Jaktent Week 2021.

    "Kami sangat senang bahwa kami dapat melaksanakannya meskipun ada banyak rintangan pada tahun ini. Programnya luar biasa dan sangat beragam. Kami menerima umpan balik yang sangat baik," ujar Claudia.

    Jaktent Week 2020 berlangsung dari 11 hingga 15 November 2020. Jaktent mencatat jumlah pendaftar mencapai 16.677 pengunjung di website www.jaktent.com. Mereka menyaksikan 326 narasumber dari 41 negara yang hadir di 144 acara, dan 78 exhibitors yang terlibat pada sesi The Market, tiga investor, dan 25 perusahaan di The Market Go-Invest.

    Dari 41 negara yang dimaksud, di antaranya Malaysia, Singapura, Australia, Selandia Baru, Niue, Tiongkok, Jepang, Korea Selatan, Amerika Serikat, Inggris, Jerman, Swedia, Swiss, Kenya, dan Maroko.

    Dalam acara tersebut, Jaktent berhasil mengundang empat bintang tamu internasional, yaitu tavel vlogger Nusseir 'Nas Daily' Yasiin, video content producer Joe Sabia, penulis bestseller dunia Sophie Kinsella, dan jurnalis sekaligus penulis buku 'The Uninhabitable Earth' David Wallace-Wells.

    Dengan berhasilnya penyelenggaraan Jaktent Week 2020, Yayasan17000 Pulau Imaji dan Frankfurt Book Fair telah mempersiapkan rangkaian program lanjutan sepanjang tahun hingga terselenggaranya Jaktent kedua pada tahun depan. Rencananya berlangsung pada 10-14 November 2021.

    Rangkaian program tersebut di antaranya terkait kurasi dan pendampingan bagi para pelaku startup digital Indonesia oleh para pakar start up dari Jerman, pemutaran berbagai film Jerman, donasi buku ke berbagai daerah di pelosok Tanah Air, kerja sama penerjemahan karya-karya Indonesia ke bahasa lain, hingga kesempatan interaksi lebih lanjut antara pelaku usaha kecil dan menengah pada bidang konten dengan para investor yang sudah dimulai dalam program The Market.

    Melihat antusiasme pengunjung Jaktent 2020, maka panitia membuka akses untuk menonton ulang seluruh acara Jaktent di website www.jaktent.com dari 16-17 November 2020.
    Setelah itu, dari 18 November-31Januari 2021, bagi mereka yang ingin menyaksikan Jaktent, bisa melakukannya dengan membeli tiket Rp150 ribu. 

    Melalui berbagai program lanjutan Jaktent, Yayasan 17000 Pulau Imaji dan Frankfurt Book Fair mengharapkan dan mengundang para pelaku industri kreatif, pemilik konten, dan usaha kecil dan menengah untuk memanfaatkan jejaring di tingkat internasional yang telah disediakan Jaktent.(ROS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id