Efek Pandemi, Pencari Kerja Makin Banyak

    Ilham wibowo - 07 Oktober 2020 13:55 WIB
    Efek Pandemi, Pencari Kerja Makin Banyak
    Pencari Kerja. Foto : Medcom.
    Jakarta: Pencarian kerja di tengah tekanan pandemi covid-19 tercatat semakin meningkat. Persaingan bahkan lebih ketat lantaran munculnya angkatan kerja baru dan pekerja yang kehilangan posisi di perusahaan terdampak wabah.

    Country Manager Jobstreet Indonesia Faridah Lim mengatakan bahwa persaingan dunia tenaga kerja tercermin dari lonjakan lalu lintas di situs pencarian kerja. Sepanjang April-Juni 2020, pencarian lowongan kerja mencapai lebih dari 300 juta kali dilakukan.

    "Ada lebih banyak pencarinya kerja di Indonesia saat ini dengan lebih dari 300 juta pencarian kerja selama April-Juni 2020 atau meningkat 11 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya," kata Faridah dalam diskusi virtual, Rabu, 7 Oktober 2020.

    Menurutnya, jumlah lamaran per posisi lowongan mengalami kenaikan hingga dua kali lipat dari yang sebelumnya hanya 400 menjadi 850-1.000 pelamar. Selain berharap menemukan posisi ideal, kata dia, pencari kerja juga memanfaatkan sarana digital untuk meningkatkan kemampuan diri menghadapi pandemi covid-19.

    "Ada tambahan delapan juta pencarian mengenai tips karier," ujarnya.  

    Meski berkurang dibandingkan keadaan normal, lanjut dia, masih ada perusahaan yang akan merekrut tenaga kerja dalam enam bulan ke depan. Sebanyak 32 persen di antara perusahaan tersebut berencana merekrut pencari kerja yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) akibat wabah.

    "Pengangguran meningkat signifikan. Data kami secara spesifik pekerja sudah dihentikan permanen atau dirumahkan sebanyak 54 persen," tuturnya.


    (SAW)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id