Bupati Kayong: Pulau Pelapis Berpotensi Produksi Garam

    Antara - 07 Oktober 2020 10:48 WIB
    Bupati Kayong: Pulau Pelapis Berpotensi Produksi Garam
    Garam. Foto : MI/Gino.
    Pontianak: Bupati Kayong Utara, Kalimantan Barat, Citra Duani menyampaikan bahwa berdasarkan hasil uji coba, kadar air asin di Pulau Pelapis cukup tinggi sehingga sangat berpotensi untuk memproduksi garam.

    "Kita telah melakukan kunjungan kerja ke Pulau Pelapis yang masuk Kecamatan Kepulauan Karimata. Kunjungan Kerja kita sekaligus meninjau tempat uji coba pembuatan garam yang dilakukan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kayong Utara di Desa Pelapis," ujar Citra Duani, dikutip dari Antara, Rabu, 7 Oktober 2020.

    Citra menjelaskan apabila daerah Pulau Pelapis menjadi kawasan produksi garam maka akan bisa berdampak ke peningkatan pendapatan perekonomian masyarakat sekitar.

    "Setelah uji coba pembuatan garam yang dilakukan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan ini dinyatakan berhasil maka ke depan kita akan lebih serius lagi untuk memproduksi garam di daerah kita sendiri yang kita fokuskan di Pelapis. Dengan demikian secara otomatis para nelayan akan mudah untuk mendapatkan garam dan perekonomian masyarakat sekitar juga akan meningkat," jelas dia.

    Tidak hanya itu saja, Citra juga meminta agar Dinas Kelautan dan Perikanan Kayong Utara menggunakan gudang bekas tempat percontohan budi daya rumput laut yang ada di Pelapis untuk dijadikan tempat pengolahan garam. Sehingga gudang tersebut bisa berfungsi kembali.

    Kemudian selain dijadikan gudang garam, Bupati juga menginginkan gudang tersebut dijadikan tempat penangkaran lobster dan budi daya rumput laut.

    "Selain dijadikan gudang garam saya ingin Dinas Kelautan dan Perikanan juga menjadikan gudang bekas percontohan budi daya rumput laut yang ada di Pelapis ini sebagai tempat penangkaran lobster dan budi daya rumput laut sehingga para nelayan kita mendapatkan tambahan mata pencaharian," katanya.

    Kabupaten Kayong Utara merupakan satu dari total 14 kabupaten atau kota di Kalimantan Barat. Kabupaten termuda di Kalimantan Barat ini memiliki potensi laut yang besar karena memiliki daerah perairan yang juga cukup luas dan terdapat pulau-pulau kecil. Pekerjaan masyarakatnya sebagai nelayan di daerah itu juga cukup ramai.   


    (SAW)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id