Badan Geologi Rekomendasikan Empat Blok Migas Baru

    Suci Sedya Utami - 20 Januari 2021 19:08 WIB
    Badan Geologi Rekomendasikan Empat Blok Migas Baru
    Migas. Foto : AFP.



    Jakarta: Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bakal mengusulkan empat lokasi yang berpotensi menjadi lapangan atau wilayah kerja minyak dan gas (migas) baru yang bisa dilelang.

    Kepala Badan Geologi Eko Budi Lelono mengatakan rekomendasi tersebut akan diusulkan ke Direktorat Jenderal (Ditjen Migas). Rekomendasi wilayah kerja tersebut nantinya bisa dilelang kepada paa kontraktor kontrak kerja sama (KKKS).






    "Tahun ini kami akan rekomendasikan empat wilayah kerja migas ke Ditjen Migas," kata Eko dalam paparan kinerja, Jakarta, Rabu, 20 Januari 2021.

    Empat lokasi tersebut antara lain wilayak kerja migas nonkonvensional Sumatera Tengah (Riau), wilayah kerja migas Banjarnegara (Jawa Tengah), wilayah kerja West Madura (Bawean II-Jawa Timur), wilayah kerja migas Muna-Buton (Sulawesi Tenggara).

    Eko mengatakan hingga 2019 pihaknya telah merekomendasikan 38 lokasi wilayah kerja migas pada Dirjen Migas. Dari jumlah tersebut ada beberapa yang telah ditindaklanjuti, sudah ditawarkan atau dilelang ke investor, dan sudah laku.

    Secara rinci jumlah tersebut terdiri dai sembilan rekomendasi di 2015, sembilan rekomendasi di 2016, sembilan rekomendasi di 2017, sembilan rekomendasi di 2018 dan dua rekomendasi di 2019.

    Tahun ini Kementerian ESDM akan melelang 10 wilayah kerja migas. Sepuluh blok tersebut memiliki potensi sumber daya (resource) dengan total mencapai 3,4 miliar barel minyak dan lima triliun kaki kubik (TFC) untuk gas. Mustafid mengatakan 10 wilayah kerja yang akan dilelangterdiri dari lima Wilayah Kerja penawaran reguler dan lima wilayah kerja ditawarkan secara langsung.

    Untuk penawaran secara reguler terdiri dari WK Merangin III yang berlokasi di Sumatra Selatan dan Jambi (onshore), Wilayah Kerja Sekayu yang berlokasi di Sumatra Selatan (onshore), Wilayah Kerja North Kangean berlokasi di Jawa Timur (offshore), Wilayah Kerja Cendrawasih belokasi di Papua (offshore), dan Wilayah Kerja Mamberamo berlokasi di Papua (onshore dan offshore).
     
    Berikutnya untuk Wilayah Kerja yang ditawarkan secara langsung, terdiri dari Wilayah Kerja West Palmerah yang berlokasi di Sumatra Selatan dan Jambi (onshore), Wilayah Kerja Rangkas yang berlokasi di Jawa Barat dan Banten (onshore), Wilayah Kerja Liman berlokasi di Jawa Timur (onshore), Wilayah Kerja Bose berlokasi di NTT (onshore dan offshore), dan terakhir Wilayah Kerja Maratua II yang berlokasi di Kalimantan Utara (onshore dan offshore).

    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id