BPKN Perkirakan Harga Vaksin Rp500 Ribu

    Antara - 08 Oktober 2020 17:43 WIB
    BPKN Perkirakan Harga Vaksin Rp500 Ribu
    Vaksin Covid-19. Foto : Medcom.id.
    Jakarta: Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) menyampaikan bahwa rencana vaksinasi covid-19 yang akan dilakukan pemerintah kepada seluruh masyarakat membuktikan negara hadir.

    Ketua BPKN Rizal E Halim mengemukakan berdasarkan hasil kajian BPKN, beberapa negara termasuk Indonesia telah masuk uji klinis fase ketiga vaksin covid-19. Ia menambahkan varian harga vaksin covid-19 di dunia berkisar USD5 hingga USD22 per vaksin.

    "Jika demikian, maka taruhlah kita masukkan sekitar 30 persen dari harga tertinggi (USD22), maka maksimal harga vaksin di level USD30 per vaksin. Artinya harga vaksin berada di kisaran Rp500 ribu per vaksin," papar Rizal dikutip dari Antara, Kamis, 8 Oktober 2020.

    BPKN mengapresiasi langkah Presiden Joko Widodo yang menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 99/2020 tentang Pengadaan Vaksin dan Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi covid-19.

    "Meski begitu, kami meminta Menteri Kesehatan dan Menteri BUMN untuk memperhatikan dan mengatur harga vaksin yang akan diberikan kepada seluruh masyarakat Indonesia dan tidak melepaskannya pada mekanisme pasar, karena di dalamnya termuat hak kesehatan masyarakat Indonesia," ujar Rizal.

    Menurut dia, masyarakat berhak mendapatkan hak kesehatan dan fasilitas kesehatan yang berkeadilan.

    "Dan pemerintah, bertanggung jawab dalam menyelenggarakan kesehatan bagi masyarakat secara merata dan terjangkau," kata Rizal.

    Dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan, Rizal mengatakan masyarakat berhak mendapatkan hak kesehatan dan fasilitas kesehatan yang berkeadilan.

    Dalam Undang-undang 36 tahun 2009, lanjut dia, juga jelas dinyatakan pada pasal 14 dan pasal 16, bahwa pemerintah bertanggung jawab dalam menyelenggarakan kesehatan bagi masyarakat secara merata dan terjangkau.


    (SAW)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id