Masih Ada 103 Perusahaan yang Belum Bayar THR 2020

    M Iqbal Al Machmudi - 12 April 2021 21:19 WIB
    Masih Ada 103 Perusahaan yang Belum Bayar THR 2020
    Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah. Foto: Medcom.id.



    Jakarta: Masih ada 103 perusahaan yang belum membayar Tunjangan Hari Raya (THR) keagamaan 2020. Berdasarkan rekapitulasi akhir per 4 Juni 2020 yang masuk ke Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker), ada sebanyak 683 pengaduan kemudian dipilah-pilah menjadi 410 yang melaporkan bahwa THR Idulfitri 2020 sudah ditindaklanjuti.

    Kategori 410 pengaduan tersebut antara lain 307 perusahaan yang sudah melalui pemeriksaan dan pembinaan dan THR dibayarkan. Artinya, perusahaan sudah melaksanakan pembayaran THR, baik yang terlambat, tertunda, maupun kesepakatan pembayaran THR.






    "Kemudian ada 103 perusahaan yang sedang dalam proses pemeriksaan pengawasan dan pemanggilan dinas untuk pelaksanaan nota pemeriksaan," kata Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah dalam konferensi pers virtual, dilansir dari Mediaindonesia.com, Senin, 12 April 2021.

    "Beberapa di antaranya permasalahan perselisihan hubungan industrial yang sedang berproses sesuai mekanisme PHI," tambahnya.

    Pada pembayaran THR 2021, bagi pengusaha yang terlambat membayar THR pekerja/buruh dikenai denda lima persen dari total THR yang harus dibayar sejak berakhirnya batas waktu kewajiban pengusaha untuk membayar.

    "Pengusaha yang tidak membayar THR keagamaan dalam waktu yang ditentukan paling lambat tujuh hari sebelum hari keagamaan dikenakan sanksi administratif berupa teguran tertulis, pembatasan kegiatan usaha, penghentian sementara sebagian/seluruh alat produksi dan pembekuan kegiatan usaha," jelasnya.

    Pemberian sanksi administratif tidak menghilangkan kewajiban pengusaha atas denda keterlambatan pembayaran THR keagamaan sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan.

    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id