Nasabah Tabungan Emas Pegadaian Melonjak

    Husen Miftahudin - 29 Juli 2020 18:03 WIB
    Nasabah Tabungan Emas Pegadaian Melonjak
    Ilustrasi tabungan emas pegadaian - - Foto: dok Pegadaian
    Jakarta: PT Pegadaian (Persero) mencatat nasabah produk Gadai Tabungan Emas melonjak signifikan. Nasabah Gadai Tabungan Emas per Juni 2020 mencapai 5,8 juta, atau naik sekitar 26 persen dibandingkan posisi akhir 2019 sebanyak 4,6 juta nasabah.

    Direktur Teknologi Informasi dan Digital Pegadaian Teguh Wahyono mengakui lonjakan nasabah pada produk Gadai Tabungan Emas seiring dengan tingginya harga emas cetakan PT Aneka Tambang Tbk (Antam) yang menembus di atas Rp1 juta per gram.

    "Dalam hal saldo juga demikian, saat ini saldonya (Gadai Tabungan Emas) hampir lima ton atau 4,98 ton, dan rata-ratanya juga cukup naik," ujar Teguh dalam telekonferensi Paparan Kinerja Pegadaian Semester I-2020, Rabu, 29 Juli 2020.

    Menurutnya, kenaikan nasabah Gadai Tabungan Emas didorong oleh penabung pemula, yakni masyarakat yang masih belajar dalam berinvestasi. Hal ini ditunjukkan oleh rata-rata saldo produk tersebut yang hanya 1,74 gram.

    "Tapi mereka memang kelompok anak-anak yang memang belajar investasi bahwa mereka mencoba investasi itu dalam bentuk emas. Tetapi angka total nasabahnya naik cukup signifikan," urai dia.

    Di sisi lain, produk Tabungan Emas di Pegadaian juga sejalan dengan sifat generasi milenial yang dekat dengan teknologi, yakni berbentuk emas digital. Berinvestasi di emas digital diklaim lebih mudah dan murah ketimbang membeli secara fisik.

    Ia pun menyarankan agar masyarakat berinvestasi di emas digital. Apalagi setoran investasinya murah, dimulai dari Rp500.

    "Pada saat nanti dicetak, baru kita cetak dalam kepingan yang diinginkan. Rekomendasinya, saya kira ya sebanyak mungkin menabung di tabungan emasnya, karena setelah emasnya terkumpul banyak, saya kira nanti ada produk turunan yang bisa dimanfaatkan," tutur Teguh.

    Adapun jumlah nasabah Pegadaian pada Juni 2020 mencapai sebanyak 15,04 juta nasabah. Angka itu naik 8,5 persen dibandingkan posisi akhir 2019 yang hanya sebesar 13,86 juta nasabah.




    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id