Program Pemulihan Ekonomi untuk Hindari PHK

    Theofilus Ifan Sucipto - 13 Mei 2020 19:39 WIB
    Program Pemulihan Ekonomi untuk Hindari PHK
    Ilustrasi PHK. Foto : MI/Amiruddin.
    Jakarta: Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 23 tahun 2000 tentang Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) diklaim untuk melindungi usaha rakyat. Hal ini karena kegiatan ekonomi menjadi salah satu sektor terimbas virus korona (covid-19).

    "PP ini bertujuan melindungi, mempertahankan, dan meningkatkan kemampuan usaha rakyat," kata Juru Bicara Presiden Bidang Hukum Dini Purwono di Jakarta, Rabu, 13 Mei 2020.

    Dini menambahkan regulasi itu membantu usaha masyarakat tetap berjalan selama pandemi korona. Dia menyebut PP tersebut guna menghindari terjadinya Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

    Dini merinci ada sejumlah bantuan melalui PEN. Pertama, kata dia, Penyertaan Modal Negara (PMN) pada BUMN yang ditunjuk untuk meningkatkan kapasitas perusahaan.

    "Kedua, melalui penempatan dana pemerintah untuk memberi dukungan likuiditas perbankan yang berkategori sehat," terang Dini.

    Bantuan itu ditujukan bagi 15 bank yang tergolong beraset besar. Bantuan itu untuk merestrukturisasi kredit atau tambahan kredit modal kerja.

    Pilihan selanjutnya adalah investasi dan atau penjaminan pemerintah. Jaminan itu melalui badan usaha yang ditunjuk berdasarkan ketentuan perundang-undangan.

    Dini menjelaskan sumber pendanaan PEN berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Selain itu terdapat sumber lainnya sesuai perundang-undangan.

    Dia menyebut pelaksanaan PEN diawasi dan dievaluasi Menteri Keuangan Sri Mulyani. Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) turut dilibatkan dalam proses pengawasan.

    "Untuk memastikan program ini dimanfaatkan sesuai tujuan pemulihan ekonomi nasional," pungkas Dini.



    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id