Legislator Ungkap Petani Resah Akibat Harga Gabah Anjlok

    Gervin Nathaniel Purba - 15 Mei 2020 17:49 WIB
    Legislator Ungkap Petani Resah Akibat Harga Gabah Anjlok
    Anggota Komisi IV DPR Muslim. (Foto: Dok. DPR)
    Jakarta: Panen raya pada tahun ini dinilai tidak membuat petani gembira bahkan resah. Hal ini dikarenakan harga gabah anjlok. Anggota Komisi IV DPR RI Muslim khawatir hal ini bisa membuat guncangan ekonomi di kalangan petani.

    "Petani murung. Meskipun panen raya, harga gabah jatuh. Petani kita berada dalam situasi sulit. Kalau ini terus berlanjut, maka akan terjadi keguncangan ekonomi,” ujar Muslim, dikutip dpr.go.id, Jumat, 15 Mei 2020.
     
    Berdasarkan data yang diperoleh Muslim, diketahui bahwa 32 persen dari total panen gabah saat ini dijual di bawah Rp4.200 per kg, atau di bawah harga Harga Pembelian Pemerintah (HPP). Angka 32 persen ini adalah peringatan, jika nanti di atas 50 persen maka statusnya menjadi awas.

    Menurutnya, kondisi sulit ini harus segera dicarikan solusi. Jangan biarkan petani larut dalam kesedihan akibat rendahnya penghasilan yang diterima serta tidak sebanding dengan modal dan usaha yang telah dikeluarkan.

    “Apabila terus dibiarkan bisa membuat para petani berpikir ulang untuk terus melanjutkan usaha pertaniannya. Data menunjukkan bahwa jumlah petani dan luas lahan pertanian dari tahun ke tahun terus berkurang, yang ditengarai akibat faktor ketidaksejahteraan ini," ucap Politikus Partai Demokrat itu.


    (ROS)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id